Ini Peta Prediksi Perubahan Iklim di Jakarta yang Bisa Jadi Banjir

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 02 Jan 2020 19:06 WIB
Foto: Motor dibawa dengan gerobak karena banjir di Jakarta (Rifkianto Nugroho)
Jakarta - Banjir yang terjadi di Jakarta dan sekitarnya disebut sebagai dampak perubahan iklim (climate change). Hal ini tentu menjadi pelajaran berharga bagi masyarakat. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) membuat peta permodelan perubahan iklim.

Peta permodelan ini dibuat oleh Pusat Informasi Perubahan Iklim BMKG. BMKG telah melakukan pengolahan, permodelan, dan analisa untuk menghasilkan produk berupa analisis proyeksi perubahan iklim di masa yang akan datang.

BMKG menyediakan informasi berupa data dan peta spasial dari proyeksi perubahan parameter suhu dan curah hujan untuk seluruh wilayah Indonesia dengan resolusi menengah sekitar 20 km, resolusi tinggi sekitar 5 km, menggunakan skenario Panel ahli internasional perubahan iklim (Intergovernmental Panel on Climate Change, IPCC) dan emisi gas rumah kaca (Representative Concentration Pathways, RCP) 4.5.


Dua skenario tersebut adalah hasil simulasi model iklim regional pada rentang tahun 2006 sampai 2040 serta pembagian pada periode current (2006-2014), dan periode future (2032-2040). Berikut ini peta pemodelan perubahan iklim di DKI Jakarta:

Ini Peta Prediksi Perubahan Iklim di Jakarta yang Bisa Jadi BanjirFoto: Peta perubahan iklim (Dok. BMKG)

Selanjutnya
Halaman
1 2