DKI Jakarta Banjir, Ganjil Genap Hari Ini Ditiadakan

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 02 Jan 2020 06:37 WIB
Foto: Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar. (Idham-detikcom)
Jakarta - Polisi meniadakan rekayasa lalu lintas ganjil genap di DKI Jakarta. Banjir yang terjadi di Jakarta menjadi penyebab ditiadakannya rekayasa tersebut.

"Iya hari ini (ganjil genap) tidak berlaku," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar saat dihubungi, Kamis (2/1/2020).



Fahri memastikan rekayasa ganjil genap khusus pagi ini ditiadakan lantaran banjir yang terjadi di beberapa wilayah DKI Jakarta. Dia memastikan rekayasa ini akan dihentikan sementara untuk hari ini saja.

"Iya (karena banjir dimana-mana) dihentikan (rekayasa ganjil-genap), sementara hari ini aja," ucap Fahri.

Sementara itu, sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan sistem ganjil genap tidak berlakukan besok. Sebab, sejumlah kawasan belum tentu bisa dilalui kendaraan.

"Kebijakan ganjil genap memang besok (Kamis 2 Januari) ditiadakan karena kita menyadari sebagian kawasan kawasan yang ada di Jakarta itu belum tentu bisa dilewati oleh masyarakat," kata Anies di Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan, Rabu (1/1/2019).



Sejauh ini, ganjil genap ditiadakan untuk besok saja. Anies akan memantau lagi perkembangannya.

"Artinya besok nggak ada (ganjil genap). Tapi buat lusa belum ada keputusan, statusnya kalau lusa masih ada ganjil genap," ujarnya.

"Jadi hari Kamis nggak ada ganjil genap. Tapi Jumat bisa jadi udah ada kalau kondisi kondusif," imbuhnya. (maa/aud)