Mesin Waktu

'Hadiah' Tahun Baru, Aturan Pembatasan Emas di Amerika Serikat Dicabut

Pasti Liberti Mappapa - detikNews
Selasa, 31 Des 2019 19:26 WIB
Foto: Ilustrasi koin emas (Istock)

Pemilikan emas dibatasi hanya sampai senilai USD 100 atau sekitar 5 troy ounce tiap orang. Namun aturan ini dikecualikan untuk koin emas uang dinilai langka dan penggunaan khusus untuk industri dan seni.

The New York Times terbitan 6 April 1933 menuliskan bagi pihak yang melanggar aturan tersebut dihukum denda USD 10 ribu atau hukuman penjara selama 10 tahun atau keduanya. Tapi ada saja yang melanggar aturan itu.

Harian The Evening Independent terbitan 13 April 1939 memberitakan penangkapan 13 orang terkait kasus penjualan cincin emas selundupan senilai USD 100 ribu di empat kota New York, San Francisco, San Jose, dan Oakland. Penyelidikan atas penyelundupan itu melibatkan agen Secret Service dan kepolisian.

Aturan itu mulai digugat di awal 1971 saat James Blanchard mendirikan National Committee to Legalize Gold (NCLG). Menurut Reason Magazine edisi Juni 1975, komite ini menjelma jadi organisasi besar dengan anggota dari seluruh negara bagian dan dari 16 negara di luar AS.

Blanchard juga membuat selebaran berjudul Gold Newsletter sebagai "senjata" dalam pertarungan mendapatkan kembali hak untuk memiliki emas tanpa pembatasan. Saat pelantikan Presiden Richard Nixon pada 1973, Blanchard menyewa sebuah pesawat kecil yang menarik spanduk dengan tulisan "Legalize Gold".
Selanjutnya
Halaman
1 2 3