Gempa M 4,9 Guncang Toli-Toli Sulteng, Warga Berhamburan ke Luar Rumah

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Selasa, 31 Des 2019 13:59 WIB
Ilustrasi Gempa (Mindra Purnomo/detikcom)
Toli-Toli - Gempa bermagnitudo 4,9 terjadi di Tolitoli dan Buol, Sulawesi Tengah. Warga sempat lari berhamburan ke luar rumah saat gempa terjadi.

Gempa terjadi pada pukul 12.18 WIB, Selasa (31/12/2019). Pusat gempa berada di 43 km timur laut Toli-Toli dengan kedalaman gempa 66 km. Titik koordinat gempa 1,27 LU dan 120,79 BT.

"Warga di Tolitoli dan Buol dilaporkan sempat lari berhamburan ke luar rumah karena terkejut akibat adanya guncangan kuat yang terjadi secara tiba-tiba," ujar Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono dalam keterangan tertulis.


Daryono menjelaskan, gempa yang terjadi berjenis gempa menengah akibat aktivitas subduksi lempeng yang menunjam ke bawah lengan utara Pulau Sulawesi. Dari hasil analisis mekanisme sumber, gempa dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan naik (thrust fault), yang merupakan ciri khas gempa dampak tumbukan lempeng.

"Guncangan dilaporkan dirasakan di Tolitoli dan Buol dalam skala intensitas IV MMI dimana guncangan dirasakan oleh orang banyak dan Parigi Moutong III MMI dimana guncangan seperti ada truk lewat dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang," tuturnya.


Hingga kini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan oleh gempa. Dari hasil pemodelan, gempa tidak berpotensi tsunami.

"Hingga pukul 12.41WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan," pungkas Daryono.



Simak Video "Muncul Hoax Gempa Saat Malam Tahun Baru, Ini Kata BMKG"

[Gambas:Video 20detik]

(mae/fjp)