Ditjen Pas Klarifikasi soal Novanto Dapat Sel 'Nyaman' di Cipinang

Andi Saputra - detikNews
Selasa, 31 Des 2019 05:57 WIB
Setya Novanto (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta - Pihak Ditjen Pemasyarakatan memberi klarifikasi atas hasil inspeksi mendadak (sidak) Ombudsman RI yang menemukan sel 'nyaman' Setya Novanto di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Cipinang. Ditjen Pas menyatakan sel yang dilihat tim Ombudsman merupakan kamar pengacara Novanto, Fredrich Yunadi.

"Adapun kamar yang dilihat tim Ombusman adalah kamar pengacara Setnov yaitu Fredrich yang sudah lebih dulu menjalani pidana di Lapas Klas 1 Cipinang," kata Kabag Humas dan Protokol Ditjen Pas, Ade Kusmanto, dalam keterangannya, Selasa (31/12/2019).

Dia mengatakan di Lapas Klas 1 Cipinang, Novanto hanya transit dan tidak masuk kamar hunian karena akan dirujuk ke RSPAD Gatot Soebroto. Namun, Novanto belum masuk ke sel tersebut.


"Kesimpulannya, Setnov belum masuk kamar hunian di Lapas Klas 1 Cipinang karena sedang menjalani berobat jalan di RSPAD Gatot Soebroto," kata Ade.

Ade mengatakan sel Fredrich berada di blok khusus one man one cell. Dia mengatakan sel tersebut dihuni narapidana yang memerlukan perawatan kesehatan seperti menderita penyakit menular TBC, hepatitis, jantung, dan lainnya.

"Sebagian kamarnya juga diisi oleh narapidana yang bermasalah, yang harus dipisahkan dengan narapidana lainnya karena mengganggu keamanan dan ketertiban," kata dia.

Dia mengatakan pemindahan Novanto dilakukan sesuai prosedur. Dia mengatakan Novanto transit di Lapas Klas 1 Cipinang karena akan menjalani pengobatan dan rawat inap.


"Proses pemindahan Setnov sesuai prosedur, di mana narapidana dapat dipindahkan sementara untuk menjalani berobat terencana dan rawat inap apabila letak RS yang dirujuk di luar provinsi tempat narapidana menjalani pidana untuk dititipkan sementara di lapas terdekat dengan RS tempat berobat, dan tenaga pengawalan diserahterimakan kepada Lapas Klas 1 Cipinang. Lamanya berobat tergantung pendapat dokter yang menangani di RSPAD Gatot Soebroto," ungkapnya.

Ade kemudian menjelaskan soal dipindahkannya Novanto dari LP Sukamiskin di Bandung ke LP Cipinang di Jakarta. Berikut kronologi yang dibuatnya:

Kamis 26 Desember 2019
05.00 WIB
Novanto diberangkatkan dari Lapas Sukamiskin

Selanjutnya
Halaman
1 2