Pegawai Magang TransJakarta Geruduk Balai Kota, Tuntut Kerja Kontrak

Arief Ikhsanudin - detikNews
Senin, 30 Des 2019 18:31 WIB
Foto: Arief/detikcom
Jakarta - Sejumlah pegawai magang PT TransJakarta (TransJ) mendatangi Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Salatan, Jakarta Pusat, selepas berdemo di kantor PT TransJakarta, Cawang, Jakarta Timur. Mereka meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyelesaikan masalah kejelasan kasus magang menjadi pegawai kontrak.

"Ini kan BUMD, masa (Pemprov) lepas tangan. Ini yang katanya dibangga-banggakan 'lebih baik', mana?" ucap salah satu pedemo, Cahyo, kepada wartawan saat berdemo di lokasi, Senin (30/12/2019).


Cahyo menyebut ada iktikad dari PT TransJ untuk tidak mengangkat mereka menjadi pegawai kontrak. Cahyo bercerita, mereka harus menjalani proses magang selama tiga bulan sebelum mereka diangkat menjadi PKWT (Perjanjian Kerja Waktu Tertentu), namun ternyata ada penambahan masa magang tiga bulan lagi.

"Setelah 6 bulan kami dipanggil lagi (tapi) bukan dikontrak, malah diberi sertifikat, terus keluar omongan dari perusahaan 'Kita buka lowongan bukan untuk PKWT tapi untuk magang, kita nggak pernah menjanjikan untuk kontrak', akhirnya kami marah dong," ucap Cahyo.


Lima orang perwakilan pedemo masuk menemui perwakilan Pemprov DKI Jakarta dan TransJ. Setelah pertemuan selesai, TransJ menyampaikan kepada massa akan memproses tuntutan mereka.

"Tapi kita akan coba secepatnya, SDM akan panggil teman semua. Kesepakatan sudah jelas, hanya teknisnya saja. Intinya adalah kita akan semua," ucap perwakilan dari pihak manajemen TransJ tersebut.

Namun dia tidak bisa memastikan kapan proses tersebut akan selesai. "Nggak bisa janji. Kita tunggu panggilan dari HRD. Proses teman-teman semua," ucapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2