Polisi Sebut Kecepatan Mobil PNS Penabrak Sepeda Capai 80 Km/Jam

Dwi Andayani - detikNews
Senin, 30 Des 2019 17:16 WIB
Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar (Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta - Polisi membeberkan kecepatan mobil Toyota Avanza yang dikendarai Toto Prasetio (43), PNS yang menabrak 7 pesepeda di Jalan Sudirman, Jakarta Selatan. Polisi menyebut pelaku memacu kecepatannya cukup tinggi hingga menabrak pesepeda.

"Kalau (penabrak) pesepeda ngakunya 80 km/jam, tapi tidak ada bekas rem," ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar di Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Jl Letjen MT Haryono, Jakarta Selatan, Senin (30/12/2019).

Fahri mengatakan saat itu para korban bersembilan orang menggowes sepeda di Jl Jenderal Sudirman arah selatan. Dari 9 orang, tujuh di antaranya tertabrak mobil tersebut.

"Dari 9 pesepeda, 7 orang yang tertabrak langsung oleh pelaku. Dari 7 orang tersebut, yang 5 orang rawat jalan, sementara yang 2 orang rawat inap karena harus menjalankan operasi. Itulah dapat dikategorikan sebagai luka berat," kata Fahri.




"Korbannya itu sampai dengan luka berat, karena ada beberapa korban yang patah kaki, termasuk juga bahunya juga patah," sambungnya.

Diketahui, kecelakaan terjadi pada Sabtu (28/12) pagi, sekitar pukul 06.00 WIB. Mobil Avanza yang dikendarai oleh PNS Polres Jaksel bernama Toto Prasetio menabrak 7 pesepeda di depan Gedung Summitmas, Jalan Sudirman, Jakarta Selatan.

Berdasarkan hasil tes urine, Toto positif mengonsumsi ekstasi. Toto sendiri telah ditetapkan sebagai tersangka dan dijerat dengan pasal Pasal 311 ayat (4) juncto Pasal 310 ayat (3) Undang-Undang No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Polisi juga telah menahan Toto atas kasus itu. Akibat kejadian itu, dua pesepeda mengalami luka cukup serius.


Halaman

(dwia/mea)