Pimpinan DPR: 3 Fraksi Inisiasi Pembentukan Pansus Jiwasraya

Mochamad Zhacky - detikNews
Senin, 30 Des 2019 12:49 WIB
Foto: Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco (Nur Azizah-detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengungkapkan bahwa ada tiga fraksi yang mengusulkan pembentukan panitia khusus (pansus) untuk menyelidiki sengkarut keuangan PT Asuransi Jiwasraya. Dasco menyebut usulan pembentukan pansus Jiwasraya akan dibahas lebih lanjut usai reses.

"Kalau secara informal, mungkin baru 2-3 fraksi (yang mengusulkan pembentukan pansus). Tapi, nanti kita lihat secara formalnya. Kita masuk setelah reses. Dalam rapim kita lihat berapa formalnya dan nanti ada rencana di Komisi XI di bawah saya dan Komisi VI diadakan rapat gabungan untuk itu," kata Dasco di kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Senin (30/12/2019).



Dasco menjelaskan usulan pembentukan pansus mencuat karena permasalahan keuangan Jiwasraya menyangkut lintas alat kelengkapan dewan (AKD). Ada tiga AKD yang berwenang menyelidiki masalah tersebut, yaitu Komisi VI, Komisi XI dan Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN).

"Karena ini ada tata kelola keuangan di bawah Komisi XI. Lalu ada akuntabilitas soal keuangan yang dibawa BAKN, sehingga nanti ketiga unsur itu mungkin perlu digabungkan dan karena mekanisme penggabungan itu yang ada di pansus," papar Dasco.

"Sehingga diusulkan oleh kawan-kawan di dibentuklah suatu pansus. Daripada kemudian Komisi VI, Komisi XI, BAKN jalan sendiri-sendiri, itu juga akan menghabiskan waktu dan energi," imbuh dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2