KALEIDOSKOP 2019

Deretan Tokoh Muslim Berpengaruh, dari Jokowi hingga Habib Luthfi

Lusiana Mustinda - detikNews
Minggu, 29 Des 2019 16:43 WIB
Habib Luthfi bin Yahya. Foto: Robby Bernardi/detikom


3. Habib Luthfi bin Yahya

Habib Luthfi bin Yahya menempati peringkat ke-33. Beliau ialah Rais Amm dari Jamiyah Ahli Tahriqah al-Mu'tabarah al-Nahdliyah di Pekalongan, Jawa Tengah. Tak hanya menjabat sebagai pimpinan spiritual tarekat Ba Alwi di Indonesia, ia juga adalah Ketua MUI wilayah Jawa Tengah.

Habib Luthfi mendapatkan ijazah untuk semua bidang keilmuan Islam tradisional termasuk hadist dan tasawuf. Selain memberikan banyak ilmu tentang agama Islam, Habib Luthfi juga sudah mendirikan banyak sekolah dan masjid di Indonesia dan memiliki jutaan pengikut di Indonesia.



4. Recep Tayyib Erdogan

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menempati urutan pertama dalam deretan tokoh muslim paling berpengaruh dunia. Erdogan dikenal sangat menentang negara-negara Barat setelah aksi teror yang terjadi di dua masjid New Zealand, dimana aksi tersebut telah menewaskan 50 orang.

Erdogan menempati posisi pertama dalam tokoh muslim paling berpengaruh dan menyalip Raja Salman. Di tahun 2018, Erdogan masuk dalam peringkat ke-5 dan Raja Salman tetap berada di posisi ke-2 untuk tahun 2018 ataupun 2019.


5. Habib Rizieq

Muhammad Rizieq Shihab menjadi pendakwah sekaligus tokoh muslim paling berpengaruh. Habib Rizieq menimba ilmu di perguruan tinggi Islam jurusan Studi Agama Islam (Fikh dan Ushul Fikh) di King Saud University, Riyadh, Arab Saudi.

Habib Rizieq juga pernah meneruskan kuliah S2 di Universitas Islam Internasional Antar Bangsa Malaysia meski tak selesai. Nama Habib Rizieq dan beberapa ulama lain mendirikan Front Pembela Islam (FPI).

Organisasi ini memiliki visi dan misi dalam menetapkan syariat Islam secara kafah di bawah Khilafah Islamiyah menurut Manjah Nubuwwah melalui pelaksanaan da'wah penegakan hisbah dan pengamalan jihad.


6. Salman bin Abdul Aziz Al Saud

Salman bin Abdul Aziz Al Saud ialah putra dari raja pertama Saudi, Raja Abdul Aziz bin Abdul Rahman Al-Saud atau yang dikenal dengan Ibnu Saud.

Dibesarkan di Istana Murabba di Riyadh, Salman menjalani pendidikan sekolah khusus pangeran di Riyadh yang didirikan oleh Raja Ibnu Saud untuk pendidikan puta-putrinya.

Di usia 19 tahun, Raja Salman ditunjuk menjadi wakil gubernur Provinsi Riyadh. Ia juga pernah menjadi anggota Dewan Keamanan Nasional (NSC). Tak hanya itu, Salman juga pernah menjabat sebagai Menteri Pertahanan hingga memimpin militer.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3