Wamenag Sosialisasikan Ancaman Radikalisme ke Sekolah RI di Mekah

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Sabtu, 28 Des 2019 11:34 WIB
Wamenag Zainut Tauhid (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi melakukan kunjungan kerja ke Arab Saudi. Pada kesempatan itu, Zainut melakukan sosialisasi program moderasi beragama dan ancaman paham radikal kepada sekolah Indonesia yang ada di Mekah.

Kunjungan Zainut ke tanah suci itu berlangsung pada 24-27 Desember 2019. Zainut didampingi oleh Dubes Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel, mengunjungi sejumlah sekolah, seperti Sekolah Indonesia Makkah (SIM), Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ) dan Sekolah Indonesia Riyadh (SIR). Kegiatan tersebut mendapat sambutan yang hangat dari para siswa, guru dan tenaga kependidikan.



Pada pertemuan itu, wakil ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) tersebut memaparkan gagasan Islam moderat. Selain itu, dia menjelaskan ancaman pemikiran gerakan radikalisme terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Banyak faktor seseorang atau kelompok masyarakat menjadi radikal. Agama tidak memonopoli menjadi penyebab utama seseorang menjadi radikal. Radikalisme juga bisa bersumber dari masalah ekonomi, politik, dan kesenjangan sosial. Radikalisme sendiri bisa bermakna positif dan negatif tergantung pada konteks ruang dan waktu sebagai latar belakang penggunaan istilah tersebut," ujar Zainut berdasarkan keterangan tertulisnya, Sabtu (28/12/2019).

Wamenag Zainut Tauhid melakukan kunjungan kerja ke Arau SaudiWamenag Zainut Tauhid melakukan kunjungan kerja ke Arau Saudi Foto: Dok. Istimewa



Selanjutnya
Halaman
1 2