Mendagri Tito Belum Terima Surat Pengunduran Diri Wabup Nduga

Andhika Prasetia - detikNews
Jumat, 27 Des 2019 12:12 WIB
Mendagri Tito Karnavian (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)
Bogor - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian belum menerima surat pengunduran diri Wakil Bupati Nduga Wentius Nimiangge. Tito sudah menelepon pejabat Polda dan BIN setempat untuk memastikan kabar ini.

"Justru itu yang sedang saya sampaikan tadi. Sampai saat ini suratnya belum ada. Saya sudah telepon Kapolda Papua, Kabinda Papua untuk menghubungi yang bersangkutan mengundurkan diri beneran apa tidak," ujar Tito di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (27/12/2019).



Tito menunggu surat dari Wentius jika benar mengundurkan diri dari posisinya. Tito akan melihat alasan pengunduran diri yang bersangkutan.

"Kalau mengundurkan diri ya keluarkan surat. Nanti kita proses," ujar Tito.

"Kalau suratnya ada untuk mengundurkan diri kita lihat alasannya sudah tepat apa belum," imbuhnya.



Tito enggan berspekulasi apakah benar ajudan Wentius tertembak. Urusan tersebut diserahkan ke penegak hukum.

"Kalau itukan lain. Kita proses hukum. Kita minta kepada saya sudah sampaikan pada Pak Kapolri kalau memang ada anggota yang melakukan pelanggaran ada proses hukumnya biasa lah. Diproses kemudian diinvestigasi. Kalau terbukti pasti ada sanksi, kalau nggak terbukti ya mungkin dianggap ada kontak tembak," kata Tito.



Sebagai mantan Kapolri dan Kapolda Papua, Tito menceritakan persoalan yang ada di Nduga. Saat ini, kelompok Egianus Kogoya tengah diburu. Di saat bersamaan, sejumlah aparat tewas.

"Dalam rangka penegakan mencari kelompok itu, banyak juga anggota yang meninggal, tertembak segala macam. Ini jadi kalau seandainya ada permintaan penarikan pasukan, pertanyaannya ada nggak yang bisa menjamin, baik bupati, wakil bupati atau ada nggak yang bisa menjamin tokoh-tokoh di sana tidak akan terulang peristiwa bukan hanya pembantaian 34 orang itu," tuturnya. (dkp/mae)