Terbongkar! Sederet Masalah Baru yang Bayangi Koboi Lamborghini Kemang

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 27 Des 2019 09:02 WIB
Foto: Lisye Sri Rahayu

Koleksi Satwa Langka Diawetkan


Tidak hanya amunisi, polisi menemukan beragam koleksi hewan langka yang diawetkan (offset) di rumah Abdul Malik tersebut.

Kasat Reskrim Polres Jaksel Kompol Andi Sinjaya menyebutkan hewan yang diawetkan tersebut adalah kepala rusa jenis Bawean, burung cenderawasih, buaya muara, dan harimau yang diduga harimau Sumatera. "Kami akan mendalami untuk dugaan tindak pidana menyimpan satwa dilindungi di rumah tersangka AM," kata Andi.

Satwa langka yang diawetkan koleksi Abdul Malik.Satwa langka yang diawetkan koleksi Abdul Malik. Foto: Farih Maulana/detikcom

Koleksi satwa langka yang diawetkan itu akhirnya disita polisi. Menurut Andi, Abdul Malik bisa dijerat dengan Pasal 40 (2) juncto Pasal 21 (2) huruf b dan d, setiap orang dilarang untuk: Huruf b: menyimpan, memiliki, memelihara, mengangkut, dan memperniagakan satwa yang dilindungi dalam keadaan mati. Huruf d : memperniagakan, menyimpan, atau memiliki kulit, tubuh atau bagian-bagian lain satwa yang dilindungi atau barang-barang yang dibuat dari bagian-bagian satwa tersebut atau mengeluarkannya dari suatu tempat di Indonesia ke tempat lain di dalam atau di luar Indonesia.

"Bisa terancam pidana penjara maksimal 5 tahun dan denda maksimal Rp 100 juta," jelas Andi.

Asal usul koleksi hewan-hewan yang diawetkan itu diusut polisi. "Iya, dibeli," ujar Kapolres Jakarta Selatan Kombes Bastoni Purnama di Jl Jambu, Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jaksel, Kamis (26/12/2019).

Bastoni menuturkan tersangka Abdul Malik mendapatkan koleksinya tersebut bukan dari hasil buruan. Bastoni menyebut polisi masih mendalami sejak kapan pelaku mengoleksi offset hewan tersebut.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4