Profil Wabup Nduga Wentius Nimiangge yang Mundur karena Warganya Tertembak

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 26 Des 2019 11:01 WIB
Wakil Bupati Nduga Wentius Nimiangge (Foto: dok. KPU)
Jakarta - Wentius Nimiangge mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Wakil Bupati (Wabup) Nduga, Papua. Sebelum menjadi wabup, Wentius pernah menjadi guru hingga pengusaha. Berikut ini profilnya.

Dikutip dari laman KPU, Wentius lahir di Distrik Tiom, Kabupaten Lanny Jaya, pada 24 Februari 1976. Dia menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah di Wamena.

Wentius memulai kariernya sebagai guru di SMAN Kenyam, Kabupaten Nduga. Kemudian dia sempat menjadi Direktur CV YAKAPMBI Karya pada periode 2003-2004. Ia lantas menjadi Sekretaris Asosiasi Rekanan Pengadaan Barang & Distribusi Indonesia (ARDIN) untuk wilayah Kabupaten Nduga.


Wentius kemudian aktif dalam kegiatan sosial dan dunia politik. Dia pernah menjabat Bendahara Tim Badan Perencanaan Dan Pengkajian dan Pembangunan Daerah Nduga (BP3DN). Selain itu, Wentius aktif di dunia politik dengan bergabung bersama Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). Dalam perjalanan kariernya di politik, Wentius terpilih menjadi Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Nduga.

Pada Mei 2017, Wentius terpilih menjadi Wakil Bupati Nduga mendampingi Yairus Gwijangge. Selama menjabat sebagai Wabup, Wentius terbilang aktif dalam menolong warganya yang menjadi korban luka dalam konflik bersenjata yang terjadi di Nduga. Ia kerap membawa para korban luka terbang dengan pesawat untuk dirawat ke Timika.
Selanjutnya
Halaman
1 2