Uskup Jakarta Bicara soal Anies Datang di Tengah Ibadah: Kami Tak Terganggu

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Rabu, 25 Des 2019 14:31 WIB
Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo (Jefrie/detikcom)
Jakarta - Uskup Keuskupan Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo bercerita saat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan datang di Gereja Katedral di tengah proses Ibadah Natal malam kemarin. Suharyo menyatakan, jemaat tidak terganggu.

Hal itu disampaikan Suharyo saat konferensi pers di Gereja Katedral, Jalan Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Rabu (25/12/2019). Suharyo awalnya mendapatkan pertanyaan dari wartawan mengenai kedatangan tokoh lintas agama ke gereja yang mengucapkan selamat Natal secara langsung. Suharyo lantas menjawab, dengan membawa contoh kedatangan Anies.

"Saya hanya bisa menanggapi sebagai peristiwa di dalam gereja Katolik, di dalam gereja lain saya tidak berwenang menanggapi. Seperti kemarin misalnya. Kemarin Bapak Gubernur datang pas ibadah saat berjalan. Tuhan menyelenggarakan, saya tidak mengatakan kebetulan ya. Tuhan menyelenggarakan beliau itu harusnya datangnya setengah sepuluh (21.30 WIB) ketika ibadah kedua akan mulai. Tapi beliau datang delapan seperempat (20.15)," kata Suharyo.



Suharyo lalu mengatakan, bagi sebagian orang, prosesi ibadah tidaklah boleh dipotong di tengah jalan. Namun, di sisi lain, Anies datang lebih awal dari waktu yang dijadwalkan. Khawatir Anies akan menunggu lama, sang gubernur pun dipersilakan menyapa jemaat.

"Kan menurut pendapat banyak orang, ibadah itu jangan dipotong di tengah jalan. Tapi itu tadi, Tuhan menyelenggarakan jam delapan seperempat, itu di dalam ibadah pas Pastur harus ngomong, pas. Maka Tuhan menyelenggarakan. Sehingga ketika kami berbicara, ini kalau menunggu sampai jam sepuluh, lama. Maka kalau berkenan silakan masuk di tengah-tengah ibadah ketika pastur harusnya membawakan khotbah," jelas Suharyo.

Simak Video "Suasana Khidmat Ibadah Natal di Gereja Katedral"