Dapat Properti di Bawah Setengah Harga, Emang Bisa? Ini Caranya

Content Promotion - detikNews
Selasa, 24 Des 2019 19:36 WIB
Foto: Dok Pribadi
Jakarta -

[Gambas:Youtube]


Peluang bisnis di Indonesia terbuka lebar seiring bertumbuhnya jumlah penduduk di Indonesia. Salah satu yang menjadi primadona adalah bisnis properti. Semakin banyak orang yang butuh rumah, permintaan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) setiap tahunnya terus meningkat. Sehingga hal ini selaras dengan bertambahnya jumlah kasus NPL (non-performing loan/kredit macet) setiap tahunnya.

Jumlah kasus KPR macet yang terus meningkat ini, kini menjadi masalah serius bagi institusi lembaga perbankan karena NPL ini menjadi raport merah mereka yang harus mereka selesaikan. Akan tetapi, ternyata hal ini menjadi peluang untuk para pemburu properti macet untuk mendapatkan rumah dengan harga di bawah pasaran, dengan memanfaatkan fasilitas lelang rumah NPL ini. Bagaimana cara kerjanya?

Bagaimana strategi yang tepat untuk bisa dapat rumah murah dari memanfaatkan kredit macet ini? Oleh karena itu praktisi ahli properti NPL, Samuel Bobby Hassan, founder dari komunitas PPR Revolution memberikan tipsnya.

Bobby yang baru berumur 24 tahun ini merupakan praktisi jual beli NPL properti termuda di Indonesia yang berhasil mengeksekusi puluhan properti NPL sejak tahun 2017 dan telah memiliki komunitas praktisi NPL dengan member ratusan alumni sejak tahun 2018. Di usianya yang relatif muda, ia sudah menjadi pakar sekaligus praktisi properti NPL yang cukup terkenal di kalangan para praktisi properti di Indonesia. Menurut Bobby, bisnis properti NPL adalah salah satu bisnis yang sangat menjanjikan, karena selain jumlah kasus NPL yang terus meningkat, bisnis ini tidak terlalu sulit dilakukan jika sudah tahu caranya.

Ia juga menuturkan, potensi keuntungan bersih dari sekali eksekusi properti NPL ini adalah 20-30% dari nilai properti itu sendiri. Berdasarkan pengalaman, sekali eksekusi, Bobby dan team rata-rata mendapatkan keuntungan Rp 50-100 juta dari setiap properti yang dieksekusi setiap minggunya.

Contoh rumah eksekusi/Contoh eksekusi properti NPL/ Foto: Dok. Istimewa

Mengapa bisa dapat rumah dengan harga murah, bahkan di bawah setengah harga pasar? Bobby menuturkan bahwa metode NPL ini memungkinkan kita untuk mengeksekusi rumah dengan harga di sisa pokok utang. Metode eksekusi properti NPL ini teorinya adalah dengan mendapatkan harga properti dengan harga masa lalu, jual harga masa kini.

Semakin lama kasus NPL tersebut, semakin bagus harga properti yang bisa didapatkan. Karena pada konsepnya, inti bisnis NPL ini adalah membeli properti dengan harga masa lalu. Jika sekarang harga rumahnya Rp seharga 300 juta, nilai macet sebesar Rp 50 juta, maka bisa dihitung sendiri potensi keuntungan yang bisa didapat jika berhasil mengeksekusi properti tersebut?

Menurut pria kelahiran tahun 1995 ini, untuk bisa mengeksekusi properti NPL ini ada 2 cara, salah satunya melalui proses lelang dan melalui proses nonlelang. Melalui proses lelang ini, kita bisa mendapat harga rumah dengan rata-rata 30% di bawah harga pasar. Harga yang dikeluarkan oleh pihak perbankan sudah disesuaikan dengan harga pasaran terkini, namun tetap di bawah harga pasaran yang ada.

Tentunya, hal ini banyak menjadi peluang bagi para pemburu properti macet untuk mendapatkan harga properti semurah-murahnya. Perbankan rata-rata menyediakan layanan situs rumah lelang resmi, dan ada juga yang menyediakan layanan program pembiayaan untuk rumah lelang.

Untuk praktek eksekusi properti ini, metode ini adalah metode yang paling mudah. Untuk proses melalui nonlelang caranya adalah dengan mencari info rumah-rumah lelang melalui daerah setempat yang diperkirakan terdapat kasus NPL, dan melakukan negosiasi langsung dengan debitur.

Menurut Bobby, dengan memanfaatkan prosedur nonlelang ini, kesempatan untuk mendapatkan properti dengan harga di bawah setengah harga pasar sangatlah mungkin. "Bisnis properti non-performing loan di Indonesia belum memasuki face bubble. Bisnis ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Selain memberikan peluang bagi masyarakat untuk mendapatkan rumah murah serta peluang berbisnis, langkah ini juga membantu perbankan untuk menurunkan non-performing loan yang kian bertambah setiap tahun," tambahnya.

Selain sebagai praktisi, Bobby juga sudah menjadi speaker sekaligus mentor melalui program workshop pelatihan bisnis properti NPL, di mana untuk bisa mendapatkan program bimbingan dari Bobby, maka bergabung di komunitas yang ia bentuk.

Kelas Trik NPL Property PPR Revolution/Kelas Trik NPL Property PPR Revolution/ Foto: Dok. Istimewa

Untuk jadwal terdekat kelas PPR atau info lainnya seputar tips dan trik eksekusi NPL, bisa cek info selengkapnya di sini atau join channel grup Telegram PPR. Di dalam grup Telegram tersebut seluruh pembahasan cara mendapat properti di bawah setengah harga pasaran memanfaatkan NPL properti bakal dibahas detail, silahkan akses atau klik link di atas.

Setelah mengetahui fakta di lapangan, potensi keuntungan, dan caranya apakah Anda masih ragu untuk eksekusi properti NPL? (ads/ads)