Karen Agustiawan Gugat Auditor, Siapa Otoritas Penghitung Kerugian Negara?

Andi Saputra - detikNews
Selasa, 24 Des 2019 13:52 WIB
Karen Agustiawan (ari/detikcom)
Jakarta - Auditor dari Kantor Akuntan Publik (KAP) Soewarno & Bono Jatmiko digugat oleh mantan Dirut Pertamina Karen Agustiawan. Karen tidak terima disebut merugikan negara oleh KAP sebesar Rp 585 miliar di kasus investasi Blok Basker. Siapa sebetulnya otoritas penghitung kerugian negara?

"Dalam putusan Mahkamah Konstitusi (MK) disebutkan bahwa perhitungan kerugian negara selain BPK, jaksa bisa menghitung sendiri dengan mendatangkan ahli. Sehingga perhitungan negara sekarang bukan lagi monopoli BPK," kata pakar hukum pidana Prof Hibnu Nugroho saat berbincang dengan detikcom, Selasa (24/12/2019).

Putusan MK yang dimaksud yaitu Putusan MK Nomor 31/PUU-X/2012. Putusan itu diputus atas permohonan Eddie Widiono Suwondho. Pertimbangan MK berbunyi:

KPK bukan hanya dapat berkoordinasi dengan BPKP dan BPK dalam rangka pembuktian suatu tindak pidana korupsi, melainkan dapat juga berkoordinasi dengan instansi lain, bahkan bisa membuktikan sendiri di luar temuan BPKP dan BPK, misalnya dengan mengundang ahli atau dengan meminta bahan dari inspektorat jenderal atau badan yang mempunyai fungsi yang sama dengan itu dari masing-masing instansi pemerintah, bahkan dari pihak-pihak lain (termasuk dari perusahaan), yang dapat menunjukkan kebenaran materiil dalam penghitungan kerugian keuangan negara dan/atau dapat membuktikan perkara yang sedang ditanganinya.

Mahkamah Agung (MA) juga berpendapat serupa. Saat mengadili kasus korupsi dengan terpidana Agustin Hardiyanto di tingkat PK, MA memutuskan akuntan publik berhak menghitung kerugian negara, selain BPK dan BPKP.

Sebab berdasarkan UU Nomor 15 Tahun 2006, lembaga yang berwenang melakukan audit atas timbulnya kerugian negara adalah BPK, BPKP dan akuntan publik. Pertimbangan MA di antaranya:

Bahwa eksistensi akuntan publik sebagai auditor resmi untuk melakukan audit investigasi terhadap perkara korupsi yang diduga menimbulkan kerugian keuangan negara dalam sistem hukum nasional dan dalam praktik peradilan sudah diakui. Bahwa dari segi legalitas maupun otoritas lembaga akuntan publik dalam melaksanakan tugas sudah diterima dalam praktik.
Karen Agustiawan Gugat Auditor, Siapa Otoritas Penghitung Kerugian Negara?Hibnu Nugroho (dok.detikcom)

"Ahli KAP adalah ahli audit forensik, di mana kekuatan ahli adalah bebas, bisa dipakai hakim bisa juga tidak, sehingga tidak mengikat, Kebetulan dari audit KAP mempunyai hungan dengan bukti-bukti yang dilakukan oleh Jaksa," ujar Hibnu.
Selanjutnya
Halaman
1 2