Kapolri dan Panglima Akan Safari ke Sejumlah Gereja di Malam Natal

Ibnu Hariyanto - detikNews
Selasa, 24 Des 2019 13:26 WIB
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis (Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Jakarta - Kapolri Jenderal Idham Azis bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan meninjau pengamanan di sejumlah gereja di Jakarta pada malam Natal 2019. Jenderal Idham Azis dan Marsekal Hadi Tjahjanto akan mengecek langsung kesiapan pengamanan di setiap gereja.

"Hari ini dari Kapolri dan Panglima TNI dan pejabat daerah akan lakukan pengecekan kesiapan pengamanan di gereja, nanti malam kan sudah mulai Misa," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (24/12/2019).

Yusri mengatakan ada 1.558 gereja di wilayah hukum Polda Metro Jaya yang diberikan pengamanan. Menurutnya, ada 316 gereja di antaranya menjadi skala prioritas pengamanan.




"Sekalian mengecek 1.558 gereja yang kita amankan seluruh Jakarta wilayah hukum Polda Metro Jaya. Ada 316 yang menjadi skala prioritas, kenapa? 4 gereja besar, kedua, ada yang gereja yang sebelahnya rumah ibadah lain, masjid, misalnya. Ada gereja yang masuk wilayah khusus agamanya cuman di kampung agamis, itu tentu skala prioritas," ujarnya.

Selain itu, Yusri mengatakan setidaknya ada 8.189 personel diterjunkan dalam Operasi Lilin Jaya 2019 hingga 1 Januari nanti. Yusri menambahkan selain personel TNI-Polri, ada 700 personel dari berbagai ormas dilibatkan dalam pengamanan malam Misa Natal.

"Penempatannya mengikuti arahan para petugas keamanan TNI Polri untuk di dalam pengamanan internal. Bagaimana nanti men-setting memeriksa semua orang yang masuk ke dalam, tas-tasnya, kita kedepankan panitia dari gereja, TNI Polri hanya mendampingi saja tapi sterilisasi tetap kita jalankan," tutur Yusri.




Gereja Katedral Siapkan 3 Sesi Misa Malam Natal:

[Gambas:Video 20detik]

(ibh/dhn)