Tinjau Pelabuhan Merak, Menhub: Ada Antrean Satu Jam, Harus Diperbaiki

Farih Maulana Sidik - detikNews
Selasa, 24 Des 2019 13:21 WIB
Jumpa pers Menhub Budi Karya di Pelabuhan Merak. (Foto: Farih Maulana Sidik/detikcom)
Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau angkutan libur Natal dan Tahun Baru di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten. Budi menerima catatan adanya antrean penumpang sampai satu jam.

"Kami minta pelayanan ini harus dilakukan secara konsisten dan melihat apa saja menjadi domain kita. Dalam bahasan polisi sudah mengatur lalu lintas dengan baik, ASDP menyiapkan kapal, tadi ada sedikit catatan antreannya satu jam. Itu harus di-improve (perbaiki) ya, dan ini juga kesehatan ada pelayanan kesehatan, Pertamina sudah menyiapkan. Ini suatu pelayanan yang baik," ujar Budi di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Selasa (24/11/2019).



Meski sudah berjalan cukup baik, Budi memberikan beberapa catatan untuk kepolisian dan ASDP. Budi mengingatkan agar sigap dalam mengantisipasi lonjakan penumpang di titik-titik tertentu.

"Katakan lah malam tahun baru, atau tanggal 31. Apa yang harus dilakukan? Tentu harus disiapkan satu mekanisme tiketing yang lebih cepat, kedua jumlah gate yang lebih banyak," katanya.

Selain itu, dia juga berpesan kepada Kakorlantas dan Kapolda untuk melakukan rekayasa lalu lintas apabila antrean kendaraan menumpuk. Misalnya, kata Budi, harus ada penyekatan dan pengalihan lalu lintas.

"Just ini case itu banyak sediakan parking bay yang kita sediakan minumnya dan sebagainya," imbuhnya.



Budi lantas mengapresiasi Menteri Basuki yang sudah memberikan aksesibilitas dengan menyelesaikan jalan dari Palembang ke Lampung. Dia berharap layanan ke pengguna jalan ditingkatkan.

"Saya sebagai orang Sumatera Selatan itu nggak bayangin ini terjadi, hanya 4 jam dari Palembang menuju ke Bakauheni. Tetapi ini bisa membuat ekspektasi orang yang banyak, yang menimbulkan satu lonjakan. Satu sisi kami apresiasi kepada Kementerian PU dan BUMN, tapi di sisi lain polisi ASDP harus siap menambah layanan," jelasnya.



Tonton juga video Tes Urine Puluhan Sopir Bus di Terminal Merak, 1 Positif Sabu:

[Gambas:Video 20detik]

(idn/idn)