F-PDIP DPRD DKI Minta Pemprov Tiru Penanganan Genangan di Surabaya

Arief Ikhsanudin - detikNews
Senin, 23 Des 2019 16:56 WIB
Gedung DPRD DKI (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Anggota Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Ida Mahmudah bercerita kunjungan kerja fraksinya ke Kota Surabaya, Jawa Timur. Menurut Ida, Surabaya memiliki saluran air di bawah jalan atau grating steel yang cukup bagus sehingga bisa ditiru.

"Itu dipakainya itu saya hitung kemarin paling jauh itu 4 meter. Jadi setiap 4 meter selalu ada lubang sekitar 60 meter persegi, ditutup sama besi, kira-kira 1,5 meter di trotoar itu ada lubang juga untuk pembukanya kalau itu macet," ucap Ida saat rapat Komisi D dengan eksekutif di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, (23/12/2019).

Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta itu pun meminta kepada Dinas Bina Marga untuk membuat hal serupa. Sehingga, bisa mengantisipasi genangan di jalanan saat musim hujan.

"Untuk 2020 ini kan Bapak (Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta) juga ada perbaikan trotoar, tolong diperhatikan betul, jangan sampai nanti terjadi lagi di 2021, karena hujan ini kan pasti rutin nih. Kita sudah tahu, Januari, Februari, pasti hujan lebat. Jangan sampai Januari 2021 ada hal yang tidak kita inginkan lagi," kata Ida.



Ida menyebut Surabaya juga memasang CCTV di titik-titik saluran air. Sehingga, terpantau saat ada masalah dan tindakan masyarakat yang mengakibatkan masalah banjir.

"Dia ada 1.500 CCTV, dari semua Pak LH (Kepala Dinas Lingkungan Hidup), itu perlu. Orang mau buang apa saja di pinggir kali, pasti ketahuan, pasti kelihatan. Kami kebetulan dibawa ke sana sama Bu Risma (Wali Kota Surabaya), kami diperlihatkan semua CCTV dia yang luar biasa," ujarnya.

"Itu benar-benar kelihatan betul. Saya sampai, aduh ya Allah, anggarannya cuma Rp 10,3 triliun, tapi luar biasa," sambung Ida.

Simak Video "Hujan Deras Sisakan Banjir di Sejumlah Wilayah di Jakarta"


selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2