Polri Gelar Operasi Lilin Mulai Hari Ini, TNI Sinergikan Pengamanan Natal

Eva Safitri - detikNews
Senin, 23 Des 2019 15:42 WIB
Panglima TNI Marsekal Hadi dan Kapolri Jenderal Idham (Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Manado - Kapolri Jenderal Idham Azis mengatakan Operasi Lilin 2019 sudah mulai dilakukan hari ini. Operasi kemanusiaan pengamanan Natal dan Tahun Baru itu akan berlangsung hingga 1 Januari 2020.

"Seperti yang saya sudah sampaikan operasi kemanusiaan pengamanan Natal dan Tahun Baru serta libur panjang, hampir semua wilayah sudah dilaksanakan rencana operasi sejak hari ini sampai dengan tanggal 1 Januari 2020," kata Idham, di Aula Mapalus, Kantor Gubernur Manado, Sulawesi Utara, Senin (23/12/2019).



Idham mengatakan, ada beberapa wilayah yang sudah lebih dulu memulai rencana operasi pengamanan Natal dan Tahun Baru. Dia pun memastikan tidak ada ancaman yang muncul hingga saat ini di seluruh wilayah Indonesia.

"Namun pelaksanaannya sesuai dengan karakteristik wilayah-wilayah contohnya Papua, Manado, NTT, itu sejak 1 Desember 2019 seluruh jajaran polda sudah melakanakan operasi mandiri di wilayahnya," katanya.

"Kalau karakteristik dari 34 polda Alhamdulillah saat ini berkat sinergitas TNI dan Polri tidak ada kejadian yang menonjol atau ancaman tertentu yang bisa menganggu berlangsungnya pengamanan Natal dan Tahun Baru," lanjut Idham.



Sementara, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengingatkan agar seluruh personel TNI dan organisasi masyarakat mematuhi rancangan operasi yang telah dibuat oleh Polda jajaran setempat. Dengan begitu, kondisi keamanaan dapat tetap terjaga.

"Polri sendiri sudah membuat rencana pengamanan yang didukung oleh TNI, dan kelompok masyarakat dan sudah saya sampaikan bahwa dalam pelaksanaan pengamanan TNI-Polri memahami rencana tersebut dengan belajar SOP ataupun protap yang dikeluarkan oleh kepolisian khususnya kapolda," katanya.

"Semua petugas tahu, apa, siapa dan bagaimana apabila menghadapi satu permasalahan, dan saya yakin dengan rencana yang dikeluarkan dan dipahami oleh seluruh petugas dilapangan tidak akan ada masalah dan situasi aman akan tercipta," sambung Hadi.
Halaman

(eva/mae)