Mesin Waktu

Pesawat Jatuh, Penumpang Selamat Terpaksa Jadi Kanibal Agar Hidup

Pasti Liberti Mappapa - detikNews
Senin, 23 Des 2019 13:02 WIB
Foto: Penumpang pesawat jatuh yang mampu bertahan hidup (AP)
Jakarta - Pada tanggal ini tahun 1972, sebanyak 16 orang korban pesawat yang menabrak gletser di pegunungan Andes, Provinsi Mendoza, Argentina berhasil diselamatkan tim penyelamat. Para korban ini ditemukan setelah 72 hari berada di lokasi kecelakaan.

Pesawat nahas milik Angkatan Udara Uruguay ini membawa 40 penumpang dan lima kru. Disewa untuk mengangkut anggota tim rugbi Old Christians Club dari Montevideo, Uruguay yang dijadwalkan bertanding melawan tim rugbi Inggris di Santiago, Chile.


Rombongan berangkat dari Bandara Internasional Carrasco, Montevideo pada 12 Oktober 1972. Namun cuaca buruk menghadang. Mereka harus mendarat di Mendoza. Ketika penerbangan dilanjutkan keesokan harinya, cuaca buruk kembali datang. Kini pilot tak mampu menyelamatkan pesawat.

Pesawat dengan nomor penerbangan 571 itu menabrak gunung es di ketinggian 3.500 meter sekitar pukul 15.34 WIB. Tiga penumpang dan dua kru yang berada di ekor pesawat langsung tewas.

Hari demi hari korban yang tewas semakin bertambah. Bala bantuan tak kunjung datang karena Lokasi kecelakaan itu sangat terpencil. Berada di pegunungan es di perbatasan Cili dan Argentina.
Selanjutnya
Halaman
1 2