Jelang Natal, Pertamina & BNI Bagikan Sembako hingga Renovasi Rumah

Angga Laraspati - detikNews
Minggu, 22 Des 2019 20:47 WIB
Foto: Pertamina
Jakarta - Jelang perayaan Natal 2019, PT Pertamina (Persero) dan PT BNI (Persero) Tbk melakukan kegiatan program BUMN Hadir Untuk Negeri. Dua perusahaan plat merah tersebut membagikan sembako hingga renovasi rumah.

"Perayaan Natal ini merupakan salah satu program Kementerian BUMN di beberapa provinsi di Indonesia, dan Pertamina mendapatkan penugasan di Provinsi Kalimantan Timur," ujar VP CSR & SME Partnership Program PT Pertamina (Persero) Arya Dwi Paramita dalam keterangan tertulis, Minggu (22/12/2019).

Arya menjelaskan kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri Natal ini merupakan sinergi antar BUMN. Kegiatan ini diselenggarakan selama 2 hari sejak 19-20 Desember 2019.


"Hari pertama kemarin telah dilaksanakan pasar murah dengan menjual 2.000 paket sembako. Dan hari ini, BUMN bersama masyarakat Samarinda menyelenggarakan perayaan natal bersama-sama," jelasnya.

Selain itu menurut Arya, ada beberapa bantuan pemenuhan kebutuhan dasar yang diselenggarakan secara bersama-sama oleh Pertamina dan BNI yaitu pemberian beasiswa, bantuan sambungan elektrifikasi, bantuan penyediaan air bersih, bantuan renovasi rumah serta santunan.

"Tentu saja yang mendapatkan bantuan-bantuan tersebut adalah masyarakat yang layak untuk menerimanya," katanya.

Adapun Pertamina, menurut Arya memiliki operasi yang cukup banyak dan lengkap di Provinsi Kalimantan Timur. Operasi itu meliputi kegiatan mulai dari hulu hingga hilir, mulai dari produksi minyak mentah dan gas bumi, mengolahnya serta mendistribusikannya hingga ke masyarakat.

"Pertamina mendapatkan amanah untuk menjaga ketahanan energi Indonesia," katanya.

Lebih lanjut Arya mengatakan Pertamina diminta untuk mendukung program pemerintah Indonesia untuk menghantarkan energi ke seluruh negeri melalui program nawacita pemerintah BBM 1 harga. Pertamina juga terus melakukan upaya-upaya perbaikan berkelanjutan untuk memenuhi harapan itu. Untuk itu, Pertamina mengharapkan dukungan semua stakeholder.


"Salah satu upaya di sektor hilir adalah penambahan kapasitas kilang Balikpapan melalui program Refinery Development Master Plan (RDMP) yang akan meningkatkan kemampuan pengolahan dari 260 ribu barel per hari menjadi 360 ribu per hari. RDMP ini nanti akan difokuskan untuk produksi BBM yang berkualitas dan ramah lingkungan dan sesuai dengan standar Euro 5," Pungkas Ari. (akn/ega)