Stafsus Jokowi Harap Ibu Tak Sembunyikan Anak Berkebutuhan Khusus

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Minggu, 22 Des 2019 18:56 WIB
Staf Khusus Jokowi, Angkie Yudistia (Lisye/detikcom)
Jakarta - Staf Khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi), Angkie Yudistia, meminta kaum ibu tidak menyembunyikan anaknya yang berkebutuhan khusus. Menurut Angkie, peran ibu sangat dibutuhkan untuk mengembangkan karakter anak.

"Aku masih berharap bahwa ibu-ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus tuh jangan menyembunyikan anaknya. Artinya, peran ibu ini kan sangat dibutuhkan untuk pengembangan karakter anak yang berkebutuhan khusus," ujar Angkie saat menghadiri acar 'Perempuan Hebat untuk Indonesia Maju' di Hotel Ritz-Carlton, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (22/12/2019).



Angkie kemudian mencontohkan perhatian sang ibu kepadanya. Angkie menyebut ibu sebagai tulang rusuk dalam mengembangkan karakter anak.

"Seperti aku contohnya, menurut aku tuh ibu punya peran yang sangat penting, bahkan dalam pembangunan pengembangan aku seperti ini. Peran ibu seperti kita tahu bahwa ayah adalah kepala rumah tangga, ibu adalah tulang rusuk. Artinya, peran ibu itu berdiri kokoh tegar dengan apa pun yang terjadi dalam keadaan bahtera rumah tangga atau lingkungan sekitarnya," kata dia.

Angkie menilai ibu juga berperan terhadap kesuksesan anaknya. Hal pertama yang diinginkan anak adalah dukungan dari ibu dalam menggapai cita-cita.

"Peran ibu dibutuhkan itu untuk pembangunan karakter anak-anak, sehingga anak-anak itu bisa menggapai masa depannya. Merasa nyaman ada ibu yang mendukung itu yang pertama," ucapnya.



Angkie kemudian menceritakan peran ibu yang selalu mendukung setiap cita-cita yang dia inginkan. Menurut Angkie, wanita wanita harus kuat dan mandiri.

"Aku sadar aku sebagai perempuan tidak bisa mendengar, aku memerlukan adaptasi yang tinggi untuk lingkungan. Tapi mamaku selalu berkata bahwa perempuan itu harus kuat, jangan bergantung sama orang lain. Ketika kita merasa kita percaya dengan kemampuan diri kita sendiri, udah waktunya kita membuat orang lain percaya dengan kemampuan kita," tegas Angkie.

"Jadi aku merasa ibuku benar, mamaku benar bahwa perempuan walaupun berkebutuhan khusus untuk berperang, berjuang di lingkungan seperti ini adalah butuh keberanian sangat tinggi," imbuhnya.


Simak Juga Video Selamat Hari Ibu:

[Gambas:Video 20detik]

(lir/imk)