Indonesia Ajak Slowakia Partisipasi dalam Kerja Sama Indo-Pasifik

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Sabtu, 21 Des 2019 22:39 WIB
Dubes RI untuk Slowakia, Adiyatwidi Adiwoso Asmady di KBRI Bratislava, Slowakia (Foto: Dok. KBRI Bratislava)
Bratislava - KBRI Bratislava di Slowakia menggelar diskusi tentang peran Indonesia dan ASEAN dalam memelihara perdamaian dan stabilitas. Diskusi tersebut digelar dalam rangka diseminasi mengenai peran Indonesia untuk menciptakan keamanan dan perdamaian internasional.

Diskusi bertujuan menyampaikan perkembangan lingkungan strategis kawasan Asia Tenggara berikut tantangan keamanan serta mensosialisasikan peran Indonesia dan ASEAN dalam memelihara stabilitas dan keamanan di kawasan Asia Tenggara, serta mempromosikan ASEAN Outlook on Indo Pacific (AOIP), yang diharapkan dapat menjadi best practices bagi negara-negara di kawasan Eropa, khususnya Slowakia.



Diskusi dengan tema 'Regional Security Challenges in Southeast Asia: The Role of Indonesia and ASEAN in Maintaining Peace and Stability in the Region' itu digelar pada Selasa (17/12) lalu di KBRI Bratislava, Slowakia. Melalui diskusi ini para peserta menyampaikan berbagai perspektif mereka terkait posisi dan peran Indonesia dan ASEAN dalam kerangka kerja sama Indo-Pasifik.

Dubes RI untuk Slowakia Adiyatwidi Adiwoso Asmady dalam sambutannya menyampaikan, sesuai dengan amanat konstitusi UUD 1945, bangsa Indonesia memiliki tanggung jawab untuk secara aktif berpartisipasi dalam upaya menciptakan tatanan dunia yang damai, stabil, berkeadilan, dan sejahtera.

"Indonesia menganut prinsip politik luar negeri bebas aktif. Untuk itu, Indonesia berperan aktif pada tataran regional dan internasional, yang dibuktikan terpilihnya Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB periode 2019-2020 dan anggota Dewan HAM PBB periode 2020-2022," kata Adiyatwidi dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (21/12/2019).
Selanjutnya
Halaman
1 2