F-PKB Yakin Pimpinan Baru Bekerja Sesuai Koridor UU KPK

ADVERTISEMENT

F-PKB Yakin Pimpinan Baru Bekerja Sesuai Koridor UU KPK

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Jumat, 20 Des 2019 20:45 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri (Foto: dok. Antara Foto)
Jakarta - Anggota Komisi III DPR F-PKB Cucun Ahmad Syamsurizal optimistis pimpinan KPK yang baru dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) mampu bekerja lebih baik dalam pencegahan korupsi. Cucun yakin pimpinan KPK akan bekerja sesuai koridor UU KPK yang baru.

"Kami mengucapkan selamat bekerja kepada para komisioner dan Dewas KPK yang hari ini dilantik Presiden Jokowi. Kami berharap komisioner dan Dewas KPK mampu bekerja sesuai dengan koridor yang diberikan oleh Undang-Undang Pemberantasan Korupsi," kata Cucun kepada wartawan, Jumat (20/12/2019).


Menurut Cucun, pimpinan KPK yang baru merupakan orang-orang dengan pengetahuan hukum mumpuni. Selain itu, para komisioner, disebutnya, mempunyai pengalaman dalam bidang penegakan hukum.

"Kombinasi antara pengetahuan dan pengalaman ini akan sangat berguna dalam menangani pencegahan tindak pidana korupsi," ujarnya.

Di samping itu, Cucun yakin orang-orang yang ditunjuk menjadi Dewan Pengawas (Dewas) KPK mampu bekerja sama dengan aparat penegak hukum lain dalam agenda pemberantasan korupsi. Ketua F-PKB DPR itu optimistis karena nama-nama yang ditunjuk sebagai Dewas KPK dikenal memiliki integritas yang tinggi.

"Kami melihat kombinasi antara komisioner dan Dewas KPK ini sebagai tim yang saling melengkapi sehingga KPK akan semakin solid dalam mencegah tindak pidana korupsi," tuturnya.


Sebelumnya, para pimpinan dan Dewas KPK resmi dilantik di Istana hari ini. Pimpinan KPK yang dilantik adalah Firli Bahuri, Alexander Marwata, Lili Pintauli Siregar, Nurul Ghufron, dan Nawawi Pomolango.

Sementara itu, kursi Dewan Pengawas KPK diisi oleh Tumpak Panggabean, Harjono, Albertina Ho, Artidjo Alkostar, dan Syamsuddin Haris. Tumpak Panggabean akan memimpin jajaran Dewas KPK. (azr/idh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT