2019, Aetra Tambah 14.500 Pelanggan

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Jumat, 20 Des 2019 18:36 WIB
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Di tahun 2019 PT Aetra Air Jakarta (Aetra) telah mendapatkan penambahan pelanggan yang menggunakan air perpipaan sebanyak 14.500 pelanggan. Aetra menyebut ketersediaan air bersih di Jakarta masih menjadi masalah. Karena itu, akses air bersih melalui jaringan perpipaan harus ditingkatkan tanpa terkecuali sehingga tren kepuasan pelanggan juga turut meningkat.

Dengan melakukan perubahan pola sistem suplai yang bermula dari based on demand menjadi based on pressure, tingkat kepuasan pelanggan yang diperoleh Aetra saat ini meningkat sehingga menjadi kunci utama pelayanan.

"Trend persentase kenaikan tingkat kepuasan pelanggan dari tahun ke tahun mengalami kenaikan yang signifikan, hal ini sebagai pembuktian bahwa komitmen peningkatan layanan konsisten terus dilakukan," ungkap Aetra dalam keterangan tertulis, Jumat (20/12/2019).


Survei kepuasan pelanggan yang meliputi pelanggan regular dan industri ini mengalami kenaikan setiap tahunnya. Tercatat Tahun 2016 perolehan indeks kepuasan pelanggan yang diraih berada di angka 82,11 poin, tahun 2018 sebesar 85,43 poin dan tahun 2019 mencapai 86,87 poin.


Parameter yang diukur dalam survei kepuasan pelanggan ini meliputi meter reading, kantor area bisnis, informasi dan sosialisasi, pelayanan contact center, production, pelayanan gangguan supply, tagihan dan customer service.

Pengukuran kepuasan pelanggan merupakan elemen penting dalam menyediakan pelayanan yang lebih baik, lebih efisien dan lebih efektif khususnya bagi bisnis layanan.


Hal ini disebabkan karena saat tuntutan pelanggan yang sangat dinamis berbanding lurus dengan keharusan dalam memberikan pelayanan yang semakin baik. Untuk itulah diperlukan langkah-langkah strategis dalam meningkatkan standar kualitas produk dan pelayanan. (prf/ega)