Mesin Waktu

Momen Titik Balik Adolf Hitler dari Balik Penjara Landsberg

Pasti Liberti Mappapa - detikNews
Jumat, 20 Des 2019 10:50 WIB
Foto: Penjara Landsberg di Jerman (Vitold Muratov/Wikimedia Commons)
Jakarta - Adolf Hitler pernah melancarkan kudeta satu dekade sebelum memimpin Jerman. Tepat hari ini, 95 tahun yang lalu Hitler dibebaskan dari Penjara Landsberg yang terletak sebelah barat kota Munchen, Jerman.

Pemberontakan itu sendiri terinspirasi dari berhasilnya Benito Mussolini merebut kota Roma, Italia dengan pasukan fasisnya. Hitler yang saat itu memimpin Partai Nazi merancang hal yang sama di Jerman melawan Republik Weimar pada 8-9 November 1923.


Bersama Erich Ludendorff, seorang jenderal veteran Perang Dunia I yang ikut bergabung dengan Partai Nazi, Hitler merancang sebuah gerakan menyerang Munchen. Saat itu situasi politik di tanah Jerman tengah bergejolak.

Pada 8 November itu, Gustav Ritter von Kahr, Komisioner Jenderal Negara Bavaria mengadakan pertemuan di Burgerbraukeller sebuah bar terbesar di Munchen. Pertemuan tersebut kabarnya dihadiri ribuan orang.

Hadir juga sekutu Kahr yang paling dekat yakni Kepala Polisi negara Bavaria Kolonel Hans Ritter von Seisser, dan Jenderal Otto von Lossow. Di sisi lain, Hitler menyiapkan ratusan orang laskar bersenjata Partai Nazi yang dikenal dengan sebutan Sturmabteilung atau Divisi Penyerang.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3