Round-Up

Heboh Serangan Jantung Adian Napitupulu di Tengah Penerbangan

Tim Detikcom - detikNews
Kamis, 19 Des 2019 21:00 WIB
Adian Napitupulu (Grandyos Zafna/detikcom)

Meski begitu, Adian disebut hanya kelelahan hingga jatuh pingsan pagi tadi di pesawat dalam perjalanan ke Palangka Raya.

"Bukan (sakit) jantung, hanya lemas kelelahan, mungkin kurang tidur karena take off pukul 05.40 WIB," kata Rudianto.

Setelah mendapat perawatan di rumah sakit, Adian pun kondisinya berangsur membaik. Ia juga sudah kembali sadar sejak siang tadi.


"Sekarang sudah mulai pulih, sedang tertidur, rekam medis baik-baik saja. Rekam jantung normal," jelas Rudianto.

Hanya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyebut Adian kolaps lantaran terkena serangan jantung. Ia memastikan Adian mendapat perawatan terbaik di Palangka Raya.

"Kami memohon doa dari masyarakat untuk saudara kita Bung Adian Napitupulu yang mengalami serangan jantung saat menjalani tugasnya pada hari ini," ucap Hasto dalam keterangannya.

Heboh Serangan Jantung Adian Napitupulu di Tengah PenerbanganSekjen PDIP Hasto Kristiyanto (Ari Saputra/detikcom)

"Pihak RS langsung menugaskan dokter ahli jantung Dr Mangap Sitorus untuk menangani. Wakil Direktur RSUD, yakni Dr Theodorus, juga ikut mengobservasi," sambung dia.

Menurut Hasto, saat ini Adian masih dalam perawatan dokter untuk menstabilkan kondisi badannya terlebih dulu. PDIP berharap kondisi Adian kembali stabil. Rencananya, aktivis '98 itu akan dibawa ke Jakarta untuk dirujuk ke RS Medistra guna penanganan lebih lanjut.

"Kami menyadari sepenuhnya penanganan lebih intensif dengan fasilitas lebih lengkap perlu segera dilakukan. Karena itu, direncanakan pukul 15.30 WIB, sore ini, pesawat khusus dari Jakarta tiba di Palangka Raya. Dan selanjutnya pesawat itu akan membawa Bung Adian ke Jakarta, tepatnya ke RS Medistra, untuk dilakukan penanganan," sebut Hasto.

PDIP pun meminta doa untuk salah satu kader terbaiknya itu. Hasto juga mengapresiasi banyaknya dukungan yang diberikan kepada Adian dari masyarakat.

"Penjelasan ini kami sampaikan mengingat begitu besar atensi dari masyarakat dan teman-teman media yang menanyakan hal tersebut. Semangat juang yang begitu besar yang dimiliki oleh Bung Adian, dan ketekunannya pada jalan kerakyatan yang dipilihnya, akan menjadi salah satu obat bagi kesembuhannya. Mohon doanya," tutupnya.
(elz/dkp)