Anggota Komisi X Usul Uji Psikomotorik Masuk ke Asesmen Pengganti UN

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 19 Des 2019 19:33 WIB
Anggota Komisi X Zainuddin Maliki (Eva/detikcom)

Zainuddin mengusulkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memasukkan unsur psikomotorik dalam asesmen nanti. Menurutnya, kemampuan otak saja tidak cukup.

"Iya, harus masuk ke asesmen kompetensi itu. Ya harus utuh, to. Fisik nggak sehat gimana kita mau sukses. Materi ini kan bagian dari fisik. Karena ada kan ungkapan mens sana in corpore sano (dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat)," katanya.



Sebelumnya, Mendikbud Nadiem mengatakan Ujian Nasional akan dilakukan terakhir pada 2020. Tahun selanjutnya syarat kelulusan akan diterapkan program baru, yakni tes Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter. Asesmen Kompetensi Minimum tidak lagi berdasarkan mata pelajaran, melainkan literasi dan numerasi.

Literasi yang dimaksud adalah kemampuan menganalisis suatu bacaan serta kemampuan untuk mengerti atau memahami konsep di balik tulisan tersebut. Sedangkan numerasi adalah kemampuan menganalisis menggunakan angka. Selain itu, ada pula survei karakter, yang menekankan pada penguatan pendidikan karakter.
Halaman

(eva/haf)