Laode Syarif Resmikan Auditorium Randi-Yusuf di Gedung ACLC KPK

Ibnu Hariyanto - detikNews
Kamis, 19 Des 2019 18:29 WIB
Wakil Ketua KPK Laode M Syarif meresmikan auditorium Randi-Yusuf di gedung Anti-Corruption Learning Center (ACLC) KPK. (Ibnu Hariyanto/detikcom)


Syarif mengatakan ruangan itu sebagai pengingat akan perjuangan KPK dari awal berdiri hingga hari ini. Sebelum menjadi komisioner KPK, Syarif mengaku kerap tidur di ruangan yang kini menjadi auditorium Randi-Yusuf.

"Dan kenapa gedung ini penting dan khususnya ruangan ini penting? Usman dan saya pernah tidur di sini, jauh sebelum saya menjadi komisioner KPK, ketika KPK selalu mau diserang. Jadi serangan terhadap KPK itu secara historis struktur sistematis dan masif juga terlepas," kata Syarif.


"Untuk mengenal KPK maka kita harus mengenal ruangan ini. Sebenarnya serangan terhadap KPK bukan pertama, lahirnya pun kurang diinginkan sejak awal. Bahwa lahirnya UU Tipikor betul-betul dari suatu yang genuine tapi ketika mau dirikan badannya, setelah UU-nya tahun 2002 dibikin, oleh UU itu disebut bahwa dalam satu tahun lembaga KPK harus dibentuk. Itu detik-detik akhir makanya peringatan hari lahir KPK Desember," lanjutnya.

Sebelumnya, rencana KPK mengabadikan nama Randi dan Yusuf Kardawi itu diungkapkan saat KPK menerima audiensi keluarga dari Yusuf Kardawi dan Randi. Yusuf dan Randi tewas dalam demo ricuh di depan kantor DPRD Sultra pada 26 September lalu. Yusuf tewas karena pukulan benda tumpul, sedangkan Randi tertembak di dada.
Halaman

(ibh/gbr)