Profil Gus Hilman, Anak KH Hasyim Muzadi yang Meninggal Dunia

Lusiana Mustinda - detikNews
Rabu, 18 Des 2019 12:28 WIB
Gus Hilman Wajdi, putra KH Hasyim Muzadi meninggal dunia. (Foto: dok istimewa)
Jakarta -

Putra ketiga dari KH Hasyim Muzadi, Gus Hilman Wajdi meninggal dunia akibat kecelakaan. Gus Hilman, begitu panggilan akrabnya selama ini menjadi pengasuh Pondok Pesantren Al-Hikam di Depok dan Malang. Ini profilnya!


Hari ini (18/12/2019) Gus Hilman Wajdi yang merupakan anak dari almarhum KH Hasyim Muzadi meninggal dunia karena kecelakaan. Wakil Ketua Umum PBNU H Mochammad Maksum Machfoedz membenarkan berita bahwa Gus Hilman meninggal dunia pagi ini.

Melanjutkan misi sang ayah, Gus Hilman sangat mendalami ilmu agama dan menjadi pengasuh salah satu Pondok Pesantren. Berikut profil dari Gus Hilman Wajdi:

1. Anak Ketiga KH A Hasyim Muzadi

Gus Hilman merupakan anak ketiga dari almarhum kiai Haji Ahmad Hasyim Muzadi ialah tokoh Islam Indonesia sekaligus mantan ketua umum Nahdlatul Ulama.



Selain Hilman Wajdi, anak dari KH A Hasyim Muzadi juga ada Yusron Shidqi, Abdul Hakim Hidayat, Laili Abidah, Alfi Rachmawati dan Yuni Arofah.

2. Alumni Pondok Pesantren Gontor

Gus Hilman Wajdi bin KH A Hasyim Muzadi merupakan lulusan Pondok Pesantren Gontor tahun 1996. Gus Hilman dikenal sebagai sosok yang sangat baik dan juga low profile.

3. Meninggalkan 1 Istri dan 4 Anak

Gus Hilman lahir pada 25 Maret 1976. Beliau meninggalkan satu orang istri, Naila Izzah dan empat orang anak yakni Alfa Alma Tsuroya, M Zidan Abid Fanani, Alby Achmad dan Alana.

4. Pengasuh Pondok Pesantren Al-Hikam

Pesantren mahasiswa Al-Hikam didirkan pada 21 Maret 1992. Awal berdiri pesantren ini pertama kali digagas oleh KH A Hasyim Muzadi. Pondok pesantren ini tidak hanya ada di Malang tetapi juga di Depok tepatnya di Jalan H. Amat No. 21 Kelurahan Kukusan Kecamatan Beji.

Di dalam area seluas 2 hektar ini terdapat Sekolah Tinggi Kuliyatul Quran (STKQ), Taman Pendidikan Quran (TPQ), dan Pesantren Mahasiswa (Pesma).

5. Ketua II IKPM Malang

Tahun 2018, Gus Hilman Wajdi (G96) diangkat sebagai ketua II. Sedangkan ketua I nya adalah Ustadz Gunawan (G94). Di malam Pelantikan Pengurus Baru IKPM Cabang Malang di Gedung DPRD Kota Malang juga turut hadir Abdul Hakim, Ketua DPRD Malang.



(lus/erd)