Supaya Air Tak Antre Masuk Got, Pemprov DKI Tambah 'Mulut' di Senayan

Danu Damarjati - detikNews
Rabu, 18 Des 2019 09:24 WIB
Motor 'tenggelam' akibat banjir di Jalan Asia Afrika (dok.Istimewa)
Jakarta - Banjir di sekitar Plaza Senayan pada Selasa (17/12) kemarin menyedot perhatian warga. Sejumlah sepeda motor sempat terendam. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyatakan banjir itu muncul karena air antre masuk ke mulut air. Hari ini, mulut air akan ditambah.

"Kita akan lakukan penambahan mulut-mulut air yang ada di lokasi supaya nanti nggak antre lagi airnya," kata Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, Juaini, kepada wartawan, Rabu (15/12/2019).



Dia menjelaskan, banjir dan genangan di Jakarta kemarin cepat surut. Untuk di sekitar Plaza Senayan, itu karena air antre masuk mulut air. Mulut air adalah lubang tempat masuknya air dari badan jalan. Setelah masuk mulut air, maka genangan akan masuk ke tali air dan mengalir di got.

"Lubang 30 cm itu adalah mulut air. Dari situ, air langsung ke tali-tali air yang menyambung ke saluran air. Kemarin, salurannya sendiri tidak masalah, tidak penuh," kata dia.



Dia menjelaskan, mulut air di kawasan itu ada satu tiap 5 meter atau 6 meter. Jumlah itu ternyata tidak cukup. Maka jumlahnya akan ditambah dua kali lipat supaya tak ada lagi antrean air.

"Caranya, dibongkar bingkai betonnya. Kita bisa tambah lima atau enam mulut air supaya cepat masuk ke saluran," kata Junaidi.


Tonton juga Kadis SDA Akan Tambah Saluran Air di Lokasi Banjir Senayan :