Tangkap 7 Terduga Teroris di Papua, Polri: Jaringan JAD Lampung-Medan

Audrey Santoso - detikNews
Selasa, 17 Des 2019 16:37 WIB
Ilustrasi (Andhika Akbaryansyah/detikcom)
Jakarta - Polri menangkap 7 terduga teroris di Kabupaten Jayapura, Papua. Mereka ditangkap setelah polisi mengamankan terduga teroris berinisial KWN di wilayah setempat sehari sebelumnya.

"Kami mendapatkan informasi bahwa adanya 8 terduga teroris ditangkap oleh Densus 88 di Kabupaten Jayapura, Papua," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru pada Selasa (17/12/2019).


Asep menjelaskan, KWN lebih dulu ditangkap pada Jumat (6/12) lalu. Keesokan harinya, Sabtu (7/12), barulah ketujuh rekannya diamankan.

Dia menyebut kedelapan terduga teroris diduga bagian dari kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Lampung-Medan.

"Kelompok ini semua terduga dalam jaringan JAD Lampung dan Medan. Jadi secara keseluruhan semuanya ada 8 terduga teroris yang ditangkap oleh Densus 88," tutur Asep.


Sebelum penangkapan di Papua, Densus 88 Antiteror Polri juga menangkap enam terduga teroris di Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). Tak hanya di situ, Densus 88 juga menangkap tiga terduga teroris di Aceh.

"Enam di Bima, kemudian tiga di Aceh," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (2/12). (aud/idh)