Mesin Waktu

Misteri Hilangnya 2 Napi Kabur dari Alcatraz Belum Juga Terpecahkan

Pasti Liberti Mappapa - detikNews
Senin, 16 Des 2019 16:22 WIB
Foto: Bekas penjara Alcatraz, San Francisco, Amerika Serikat (Thinkstock)

Pulau ini dulu dipenuhi burung gannet sejenis burung pelikan. Seorang perwira Angkatan Laut Spanyol lalu memberi nama pulau itu Isla De Los Alcatrace atau Pulau Pelikan. Versi bahasa Spanyol, Alcatraz ini kemudian lebih banyak digunakan.

Awalnya pulau ini digunakan sebagai benteng militer sekaligus mercusuar Amerika Serikat di Pantai Pasifik. Kemudian beralih fungsi jadi penjara militer dan akhirnya penjara federal untuk masyarakat sipil.

Misteri Hilangnya 2 Napi Kabur dari Alcatraz Belum Juga TerpecahkanFoto: Theodore Cole narapidana yang kabur dari penjara Alcatraz (Alcatrazhistory.com)

Setelah pindah ke Alcatraz, Ted dan Ralph diberi pekerjaan di sebuah fasilitas pabrik kecil milik penjara di titik paling utara pulau itu. Tugasnya mengolah ban mobil bekas menjadi tikar karet untuk keperluan prajurit Angkatan Laut AS.

Pelarian itu terjadi saat kabut tebal turun ke Teluk San Francisco. Sekitar pukul 13.30 siang ketika waktu pendataan napi yang bekerja di pabrik ternyata Ted dan Ralph sudah tak berada di tempat itu.

Setelah dilakukan pengecekan, dua batang besi dan tiga panel kaca tebal dari sebuah jendela di pabrik itu sudah copot. Saat berhasil melompati jendela, dalam perlindungan tebalnya kabut keduanya menyelinap ke gerbang dengan pagar kawat tinggi.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3