5.000 Pelari Ramaikan BPJAMSOSTEK Relay Marathon

Yakob Arfin - detikNews
Minggu, 15 Des 2019 10:15 WIB
Foto: Yakob Arfin
Foto: Yakob Arfin
Jakarta - Sekitar 5.000 pelari meramaikan BPJAMSOSTEK Relay Marathon tahun 2019 yang digelar di kawasan Epicentrum Kuningan, Jakarta, Minggu (15/12/2019). Lomba lari ini diselenggarakan dalam rangka menyemarakkan HUT ke-42 BPJAMSOSTEK, atau yang dulu dikenal dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Terdapat 5 kategori yang diselenggarakan pada lomba ini, yaitu Relay Marathon 4 Buddies 42K, 21K individu, 10K individu, 4,2K Family, serta Wheelchair.

Konsep Relay Marathon sejauh 42K sengaja dipilih karena mencerminkan 42 tahun penyelenggaraan jaminan sosial ketenagakerjaan di Indonesia, mulai dari Perum Astek hingga BPJAMSOSTEK.

Jarak 42K yang dikenal pegiat olahraga lari sebagai jarak lomba lari maraton ini ditempuh dengan konsep relay per-tim, di mana satu tim terdiri atas 4 orang pelari yang menempuh jarak masing masing sekitar 10,5 kilometer untuk memenuhi tantangan lari sejauh 42 kilometer.


Direktur Utama BPJAMSOSTEK Agus Susanto mengatakan animo masyarakat yang luar biasa, di mana sejak pendaftaran dibuka semua jenis kategori habis dalam waktu singkat.

"Kami mengucapkan terima kasih atas animo yang luar biasa dari seluruh peserta, karena dalam waktu beberapa hari saja hampir semua kategori sudah habis terjual sejak pendaftaran dibuka pada tanggal 16 November lalu," kata Agus kepada wartawan, Minggu (15/12/2019).

Pihaknya pun mengapresiasi semangat penyintas difabel yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini yang diikuti oleh 100 peserta difabel.

Agus juga mengatakan kegiatan ini bertujuan mengajak masyarakat dan khususnya para pekerja untuk tetap menjaga keseimbangan waktu bekerja dengan terus berolahraga di sela-sela kesibukan pekerjaannya.


"Saya ingin mengajak seluruh masyarakat pekerja untuk menjaga keseimbangan antara waktu di pekerjaan dengan waktu pribadi atau work-life balance, salah satunya melalui olahraga sehingga kebugaran terjaga dan mengurangi stress," jelasnya.

Ia pun berharap kegiatan ini memberi dampak terhadap produktivitas kerja dan kualitas hidup masyarakat.

"Serta jangan lupa pastikan bahwa diri anda sudah terdaftar dan terlindungi oleh BPJAMSOSTEK, agar kita dapat bekerja dengan aman, dan keluarga yang kita tinggalkan di rumah pun bisa tenang," tutup Agus," kata Agus.

Para Peserta BPJamsostek Relay MarathonPara Peserta BPJamsostek Relay Marathon Foto: Yakob Arfin


Selain itu event ini juga dijadikan sebagai media sosialisasi dan edukasi terkait pentingnya memiliki perlindungan jaminan sosial.

Seperti diketahui, selain berlari dan memperebutkan hadiah ratusan juta rupiah, BPJAMSOSTEK juga mengajak para peserta lomba untuk berdonasi karena seluruh biaya registrasi yang terkumpul akan disumbangkan untuk perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi para pekerja rentan melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

Selain berlari dan memperebutkan hadiah ratusan juta rupiah, BPJAMSOSTEK juga mengajak para peserta lomba untuk berdonasi karena seluruh biaya registrasi yang terkumpul akan disumbangkan untuk perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi para pekerja rentan melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).


(ujm/ujm)