Round-Up

Wiranto Kembali di Lingkaran Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 14 Des 2019 07:34 WIB
Foto: Presiden Joko Widodo dan Wiranto (Andhika/detikcom)
Foto: Presiden Joko Widodo dan Wiranto (Andhika/detikcom)
Jakarta - Wiranto kembali. Mantan Panglima ABRI ini kembali masuk ke lingkaran pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Wiranto merupakan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) di Kabinet Kerja atau periode pertama Jokowi. Wiranto dilantik menjadi Menko Polhukam pada 2016 menggantikan Luhut Binsar Pandjaitan.

Posisi Wiranto tak tergantikan hingga akhir periode pertama Jokowi. Setelah satu bulan lebih tak berada di lingkaran Jokowi, Wiranto kini kembali.



Jokowi memilih Wiranto sebagai satu dari sembilan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). Tak sekadar anggota, Wiranto juga dipercaya menjadi Ketua Wantimpres.

"Mengangkat saudara Wiranto sebagai ketua merangkap anggota," demikian bunyi petikan Keppres yang dibacakan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (13/12/2019).

Setelah pembacaan Keppres, para anggota Wantimpres diambil sumpahnya. Jokowi memimpin langsung pengucapan sumpah jabatan.

"Demi Allah saya bersumpah/Demi Tuhan saya berjanji, bahwa saya akan setia kepada Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti kepada bangsa dan negara bahwa saya dalam menjalankan jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, kerja sebaiknya-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," kata Jokowi diikuti anggota Wantimpres yang dilantik.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3