Tentukan Titik Istana di Ibu Kota Baru, Jokowi ke Kaltim Pekan Depan

Andhika Prasetia - detikNews
Jumat, 13 Des 2019 17:51 WIB
Presiden Jokowi (Andhika/detikcom)
Presiden Jokowi (Andhika/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) pekan depan. Jokowi akan melihat titik untuk pusat pemerintahan.

"Minggu depan, mungkin 2-3 hari saya akan berada di sana untuk memastikan titik mana yang, ini kan gede banget, titik mana yang akan dipakai untuk lokasi klaster pemerintahan," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (13/12/2019).



Lokasi ibu kota baru negara terletak di antara Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara. Di sana, akan dibangun berbagai klaster seperti pemerintahan, pendidikan, hingga kesehatan.

"Kan banyak klaster, ada pemerintahan, pendidikan, kesehatan, inovasi. Ini titik klaster pemerintahan. Artinya, istana ada di situ, kementerian ada di situ," ujar Jokowi.



Jokowi belum bisa memutuskan saat ini titik mana yang tepat jadi klaster pemerintahan. Klaster ini akan dibangun Istana Kepresidenan serta kantor kementerian.

"Nanti dilihat. Kalau sudah dilihat, tentu saja kalau sudah ke sana, feeling-nya dapat, baru nanti arsitek, urban planner, semua kumpul, benar ini bisa, iya (putuskan)," ucap Jokowi. (dkp/haf)