Penjelasan Arkeolog soal Temuan Lukisan Usia 44.000 Tahun di Pangkep Sulsel

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Jumat, 13 Des 2019 12:36 WIB
Lukisan berusia 44.000 tahun di Sulsel. (Sumber: Balai Cagar Budaya Sulsel)
Makassar - Sebuah gambar yang terukir di dinding gua yang menunjukkan perburuan hewan di masa purba dianggap sebagai salah satu lukisan tertua di dunia. Lukisan di dinding gua ini berada di wilayah Kabupaten Pangkep, Sulsel.

Penemuan ini dianggap sangat penting yang menceritakan soal sejarah peradaban manusia purba dan menahbiskan bahwa manusia modern dan pintar di dunia berasal dari Nusantara.

"Penemuan yang terbaru 2019 ini adalah penemuan terbaru di Sulsel. Tapi cerita yang digambarkan di dinding gua ini sangat berbeda. Kalau di Pangkep ini menggambarkan adegan perburuan di masa lalu," kata Arkeolog Balai Cagar Budaya Sulsel Budianto Hakim saat ditemui di kantornya di Makassar, Sulsel, Jumat (13/12/2019).



Budianto mengatakan, artinya, penemuan lukisan ini menggambarkan masyarakat modern pertama itu sudah memiliki pranata sosial. Mereka, kata Budianto, sudah memiliki organisasi dalam berburu.

"Ini memberikan keterangan bahwa Sulawesi atau Nusantara atau 40 ribu tahun yang lalu itu menjadi destinasi penting di dunia. Umur lukisan ini memberikan pemahaman bahwa manusia yang pintar dan cerdas bukan saja di Eropa, tapi berimigrasi sampai ke Sulawesi di tahun yang sama," tegas dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2