Bagaimana Eks Model Selundupkan Sabu dari Malaysia hingga Lolos X-Ray?

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Jumat, 13 Des 2019 11:27 WIB
Polisi menggerebek apartemen eks model DY terkait kasus sabu. (Foto: Istimewa)
Polisi menggerebek apartemen eks model DY terkait kasus sabu. (Foto: Istimewa)
Jakarta - Mantan model berinisial DY (39) menyelundupkan sabu dari Malaysia ke Indonesia untuk diedarkan pada malam pergantian tahun. DY disebut polisi mahir mengelabui petugas termasuk lolos dari penyaringan mesin X-ray saat menyelundupkan sabu.

Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat AKBP Erick Frendriz menjelaskan cara kerja DY saat menyelundupkan sabu. Erick menjelaskan sabu itu dikemas rapi dalam kaleng-kaleng makanan yang kemudian disegel plastik sehingga terlihat baru.

"Narkoba dibungkus kaleng berwarna hitam berbahan metal. Nah karena kemasan rapi dan tersegel jadi dikamuflase isinya. Berarti jaringan ini sangat profesional," kata Erick kepada detikcom, Jumat (13/12/2019).


Erick mengatakan sabu itu bisa lolos dari mesin X-ray sejak berada di Malaysia. DY memang sengaja memasukkan sabu yang kemudian disegel plastik untuk menyelundupkan sabu.

"Modus barunya ini gunakan kaleng dan lolos dari bandara," jelasnya.

Sabu dimasukkan kaleng dan disegel plastik untuk kelabui petugasSabu dimasukkan ke kaleng dan disegel plastik untuk mengelabui petugas. (Foto: Istimewa)

Selain itu, Erick menyebut tersangka membawa sabu melalui jalur darat dari Malaysia ke Indonesia. Jalur yang digunakan adalah menumpang bus dari Malaysia menuju Pontianak, Indonesia. Pada jalur yang dilalui tersangka disebut Erick juga terdapat mesin X-ray.


Selanjutnya
Halaman
1 2