Round-Up

Jakarta Ada di Bawah, Dipandang Bupati Bogor Jadi Masalah

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 13 Des 2019 06:40 WIB
Foto ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta - Istilah 'banjir kiriman' sering disebut orang Jakarta dengan berbagai nada bila sedang kebanjiran. Banjir kiriman identik dengan meluapnya sungai, utamanya Ciliwung, sungai yang berhulu di Kabupaten Bogor.

Istilah banjir kiriman bukan baru saja dibikin, melainkan sudah sejak dulu. Gubernur-gubernur Jakarta terdahulu pernah menyebut istilah itu. Gubernur Anies Baswedan pada April lalu tidak secara eksplisit menggunakan istilah 'banjir kiriman', namun esensinya sama saja, seperti saat sekitar aliran Ciliwung kebanjiran.



"Di tempat itu, tidak ada hujan sebetulnya mereka itu, kita ini menerima air dari hulu ketika di sana hujannya keras," kata Anies di gedung Dinas Teknis, Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, Jumat (26/4).

Anies juga menyoroti sampah yang menumpuk di Pintu Air Manggarai. Dia mengatakan sampah yang menumpuk tersebut merupakan kiriman dari hulu Sungai Ciliwung.



"Petugas (Dinas) Lingkungan Hidup bertugas all out membersihkan sampah di Manggarai. Jakarta menampung sampah luar biasa banyaknya. Itu bukan sampah warga kita. Itu sampah yang masuk dari aliran Sungai Ciliwung," ujar Anies.




Simak juga video Dear Warga DKI, Disdukcapil Tawarkan 'Layanan Kilat' Kependudukan:


Selanjutnya
Halaman
1 2