Unsyiah Aceh Kini Punya Profesor Ahli Rayap

Agus Setyadi - detikNews
Kamis, 12 Des 2019 20:31 WIB
Foto: Prof Syaukani (dok. Unsyiah)
Foto: Prof Syaukani (dok. Unsyiah)
Banda Aceh - Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Aceh mengukuhkan empat profesor baru dalam sidang senat terbuka. Salah satunya Prof Syaukani, yang merupakan ahli rayap.

Sidang pengukuhan keempat guru besar yang dipimpin Prof Said Muhammad digelar di Gedung AAC Dayan Dawood Unsyiah, Banda Aceh Kamis (12/12/2019). Keempat profesor yang dikukuhkan yaitu Prof M. Faisal (Fakultas Teknik), Prof Rosnani Nasution, Prof Marlina, dan Prof Syaukani. Tiga nama terakhir berasal dari Fakultas MIPA.

Rektor Unsyiah Aceh Prof Samsul Rizal, mengatakan, Prof Syaukani merupakan satu-satunya ahli rayap di Indonesia yang dilahirkan Unsyiah. Hingga saat ini, Syaukani sudah mengoleksi sekitar 200 jenis rayap dari berbagai habitat.



Menurut Samsul, lebih dari 100 rayap tersebut diperkirakan jenis baru yang belum pernah ditemukan sebelumnya. Temuan ini membuktikan hutan tropis Indonesia menyimpan kekayaan biodiversitas yang luar biasa.

"Kepakaran beliau tentang rayap bukan saja dikenal di Indonesia, tetapi juga diketahui dunia, karena beliau berada di antara 10 ahli rayap terbaik di dunia," kata Samsul kepada wartawan.
Selanjutnya
Halaman
1 2