Gibran Rakabuming-Bobby Maju Pilkada, NasDem Tepis Anggapan Dinasti Politik

Mochamad Zhacky - detikNews
Kamis, 12 Des 2019 14:26 WIB
Gibran Rakabuming (Dok. Istimewa)
Gibran Rakabuming (Dok. Istimewa)
Jakarta - Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon wali kota Solo. Partai NasDem tidak sepakat jika pencalonan Gibran disebut sebagai upaya Jokowi membangun dinasti politik.

"Kalau dinasti itu kan dalam satu level yang sama. Level yang sama, ya kalau bapaknya selesai wali kota, anaknya ke wali kota. Ini kan satu hal yang jauh sekali rentangnya (Jokowi presiden, Gibran-Bobby wali kota)," kata Ketua DPP NasDem Saan Mustopa kepada wartawan, Kamis (12/12/2019).


Selain Gibran Rakabuming, menantu Jokowi, Bobby Afif Nasution, memastikan maju Pilwalkot Medan lewat DPD PDIP Sumatera Utara. Saan menilai pencalonan Gibran dan Bobby sebagai konsekuensi demokrasi.

"Yang kedua, dalam sistem politik yang sangat terbuka ini, siapa pun punya hak untuk mencalonkan menjadi calon kepala daerah selama ada partai yang mengusung kan. Menurut saya, tidak persoalan. Yang penting punya kapasitas; kedua, aksesibilitas ke masyarakatnya juga tinggi, itu nggak ada masalah," sebutnya.


Gibran-Bobby Nyalon Pilkada, NasDem Tepis Anggapan Dinasti PolitikSaan Mustopa (Hakim Ghani/detikcom)

NasDem, menurut Saan, belum membicarakan perihal rencana mengusung Gibran Rakabuming dan Bobby. Dia menyebut, jika nantinya ada rencana mengusung Gibran atau Bobby, pasti akan ada pembicaraan dengan PDIP.

"(Kalau ada rencana mengusung) ada pembicaraan, pasti, melakukan pengusungan bersama, koalisi. Sekarang belum ada (pembicaraan), karena kita baru proses pendaftaran," ungkapnya.

Sebelumnya, putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, resmi mendaftarkan ke DPD PDIP Jawa Tengah sebagai bakal calon Wali Kota Solo. Sedangkan Bobby memastikan diri maju Pilwalkot Medan dengan mendaftar ke DPD PDIP Sumut. (zak/gbr)