Mundur dari TGUPP, Marco: Tugas Susun Wajah Baru Pesisir Tanpa Reklamasi Usai

Arief Ikhsanudin - detikNews
Kamis, 12 Des 2019 14:19 WIB
Marco Kusumawijaya (Ari Saputra/detikcom)


"Tapi sempat tertunda selama lebih dari dua tahun sejak 2016 ketika saya dan beberapa kawan terpanggil untuk masuk ke dalam politik praktis demi menghentikan penggusuran paksa dan reklamasi yang mencapai puncak brutalnya pada tahun 2016," kata Marco.

Diketahui, Marco merupakan pengamat perkotaan yang memimpin tim yang mengatasi masalah pesisir sejak Juni 2018. Anggota timnya adalah eks Dirjen Kelautan KKP, Sudirman Saad; eks Direktur Eksekutif Walhi, Khalid Muhammad; eks ICLEI, Irvan Pulungan; pakar kelautan ITB, Muslim Muin.

Informasi soal keluarnya Marco dari TGUPP tersebar di media sosial. Akun Twitter @digeeembok mengunggah foto tangkap layar terusan pesan. Di sana, Marco menyatakan pamit undur diri dan tidak lagi menjadi anggota TGUPP per 1 Desember.


"Iya. Sudah mengundurkan diri sejak 1 Desember. Infonya, beliau ke saya akan fokus menulis buku," ucap Suharti saat dihubungi, Selasa (10/12).

Giliran Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan tugas Marco sudah selesai sehingga tak jadi masalah bila mengundurkan diri. Bidang Pesisir pun disebut Anies sudah tidak ada lagi.

"Khusus tim pesisir sudah tuntaskan pekerjaan menyusun rencana untuk pengembangan kawasan pesisir. Rancangan sudah jadi sejak akhir Oktober, dan November harusnya sudah bisa presentasi. Tapi karena kita semua padat di dalam urusan anggaran, sehingga belum dipresentasikan," ucap Anies kepada wartawan di gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (11/12).


Simak Video "Revitalisasi TIM-TGUPP Jadi Sorotan di Raperda APBD DKI 2020"

[Gambas:Video 20detik]


(aik/gbr)