Banggar DPR Minta Pemprov Sulsel Siapkan Proposal Bantuan Mattoanging

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Kamis, 12 Des 2019 13:42 WIB
Foto: Nurdin Abdullah terima pimpinan Banggar DPR (Noval Dhwinuari Antony/detikcom)
Foto: Nurdin Abdullah terima pimpinan Banggar DPR (Noval Dhwinuari Antony/detikcom)
Makassar - Rencana renovasi Stadion Andi Mattalatta, Mattoanging menjadi pembahasan yang disampaikan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah saat menerima tim Badan Anggaran DPR RI. Pemprov Sulsel diminta menyiapkan proposal bantuan renovasi Mattoanging ke pemerintah pusat.

"Pak Gubernur mengharapkan untuk tambahan itu (renovasi Mattoanging) dari APBN, nah makanya tadi saya sampaikan, inilah gunanya kami datang. Seandainya kami tidak datang tentu kami tidak tahu," ujar Wakil Ketua Banggar DPR RI Rusdi Masse di rumah jabatan Gubernur Sulsel, Kamis (12/12/2019).


Dari desain awal renovasi Mattoanging, dibutuhkan anggaran sekitar Rp 800 miliar. Pemprov akan memulai pembangunan dengan dana APBD Rp 200 miliar dan sisanya diminta ke pemerintah pusat.

"Kami sudah bicara dengan Pak Gubernur supaya Pak Gubernur menyiapkan data khususnya, proposalnya untuk kami bahas di Banggar," tuturnya.

"Tadi Pak Gubernur menyampaikan, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan sudah mengalokasikan Rp 200 miliar tapi mereka butuh sekitar Rp 800 miliar sampai Rp 900 miliar," imbuhnya.


Rusdi mengatakan Banggar DPR RI akan membahas usulan bantuan renovasi Mattoanging dari Pemprov Sulsel di pembahasan APBN 2021.

Pembangunan infrastruktur menjadi fokus yang dibahas Banggar DPR RI dalam pertemuan bersama kepala daerah di rumah jabatan Gubernur Sulsel. Rusdi meminta agar para kepala daerah menyusun program pembangunan yang tefokus saat mengajukan anggaran ke pusat.

"Kita di Sulawesi Selatan ini nggak ada daerah yang bisa membiayai dirinya sendiri sehingga apa yang dikelukan oleh teman-teman bupati dan wali kota tadi memang perlu penambahan," tuturnya. (nvl/gbr)