Hai Siswa-siswi SMA, Apa Pendapatmu soal Ujian Nasional 'Model Baru'?

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 12 Des 2019 12:49 WIB
Ilustrasi ujian nasional (Foto: Grandyos Zafna)
Ilustrasi ujian nasional (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta - Ujian Nasional (UN) resmi dihapus mulai 2021 dan bakal diganti versi baru yaitu Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter. Buat anak-anak SMA, apa komentar kamu soal 'UN model baru' ini?

Kenapa akhirnya ujian nasional dihapus? Kalau menurut 'mas menteri' Nadiem Makarim, selama ini materi UN malah jadi beban untuk siswa, orang tua, dan juga guru. UN juga seharusnya dipakai buat memetakan mutu sistem pendidikan nasional, bukannya penilaian siswa.


Terus, apa sih Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter yang bakal menggantikan UN mulai 2021? Teknisnya belum dipaparkan lengkap tapi gambarannya yaitu materi yang dilihat adalah tentang literasi, numerasi, dan karakter.

Mas Nadiem bilang kalau 'literasi' maksudnya bukan cuma 'bisa baca atau tidak' tapi tentang bagaimana teman-teman yang duduk di sekolah bisa memahami konsep di balik tulisan. Sementara 'numerasi' adalah kemampuan menganalisis menggunakan angka. Survei Karakter tujuannya untuk tahu penerapan Pancasila, gotong royong, sampai soal adanya bully atau tidak.

Nadiem Makarim / Nadiem Makarim / Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A


'UN model baru' ini bakal dimulai tahun 2021 untuk siswa kelas 4 SD, 8 (2 SMP), dan 11 (3 SMA) alias bukan lagi di jenjang akhir. Itu artinya teman-teman yang sekarang kelas 7 atau 10, nanti di tahun 2021 akan jadi yang pertama kali merasakan 'UN model baru'.



Kalau menurut Morin, siswa SMP kelas 7 di Jakarta Selatan, UN selama ini bikin dia khawatir dan pusing. Jadinya, dia setuju ada 'UN model baru' dan tetap semangat belajar.

"Makin semangat karena kan biasanya kalau anak sekolah ini mikirinnya UN, UN, UN terus. Jangankan kelas 3, kelas 2 sama kelas 1 saja sudah persiapan. Tapi kalau misalnya nggak ada UN-nya. Jadinya semakin semangat. Jadinya nggak ada yang dipikir di akhirnya," kata Morin.

Ilustrasi persiapan Ujian Nasional / Ilustrasi persiapan Ujian Nasional / Foto: Antara Foto


Kalau menurut kamu bagaimana? Buat siswa kelas 10, apa sudah siap ikut 'UN model baru' tahun 2021? Untuk siswa kelas 11, bagaimana rasanya tahun depan tidak ada UN lagi? Kalau siswa kelas 12, apa pendapatmu sebagai yang terakhir ikut UN?

Kasih tahu pendapatmu, yuk! Caranya gampang, tinggal kirim email ke redaksi@detik.com dengan subyek email 'Pendapat Ujian Nasional'. Jangan lupa tulis nama, kelas, dan nomor HP ya (imk/fjp)