Mesin Waktu

Cerita Manusia Terakhir yang Berjalan di Permukaan Bulan

Pasti Liberti Mappapa - detikNews
Rabu, 11 Des 2019 14:33 WIB
Foto: Eugene Cernan berjalan di bulan dalam misi Apollo 17. Foto ini diambil astronout Harrison Schmitt (NASA)

Saat berjalan menuju Lunar Module, dalam komunikasinya dengan pusat kendali di Houston, Amerika Serikat, Gene mengatakan, "Di sini saya menyelesaikan penjelajahan pertama saya di bulan, Desember 1972. Semoga semangat kedamaian tempat kita datang ini tercermin dalam kehidupan semua umat manusia."

Gene lalu menyusul Harrison yang sudah terlebih dulu masuk dalam Lunar Module. Mantan pilot pesawat tempur Angkatan Laut Amerika Serikat itu menjadi manusia terakhir yang berjalan di bulan. Setelah misi Apollo 17 berakhir, NASA tak melanjutkan lagi program pendaratan di bulan. Sementara Harrison jadi geologis pertama yang menjejakkan di satelit planet bumi itu.

Cerita Manusia Terakhir yang Berjalan di Permukaan BulanFoto: Awak Apollo 17 dengan misi pendaratan di bulan. Komandan misi Eugene A. Cernan (duduk), Command Module pilot Ronald E. Evans (berdiri kanan), dan Lunar Module pilot, Harrison H. Schmitt (NASA)

Harrison dan Gene meninggalkan permukaan bulan pada 14 Desember untuk bergabung dengan Ronald yang menunggu di orbit. Mereka lantas menuju bumi pada 15 Desember dan mendarat di Samudera Pasifik dimana sudah ada kapal perang USS Ticonderoga yang menjemput.

Bagi Gene, Apollo 17 merupakan misi luar angkasa ketiganya. Setelah menyelesaikan studi di U.S. Naval Postgraduate School bidang Aeronautical Engineering, dia terpilih menjadi astronaut NASA pada 1963.

Gene lalu ditunjuk jadi pilot pada misi Gemini IXA pada 1966 dan kemudian Lunar Module Pilot dalam misi Apollo 10. Sekitar empat tahun setelah misi Apollo 17, Gene memutuskan keluar dari NASA. Dia memilih bekerja pada sebuah perusahaan energi di Texas
Halaman

(pal/fjp)