BPIP Sebut Universitas di RI Terpapar Wahabi, Komisi X: Perlu Ubah Mindset

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Rabu, 11 Des 2019 10:22 WIB
Hetifah Sjaifudian (Dok pribadi)
Hetifah Sjaifudian (Dok pribadi)
Jakarta - Anggota BPIP sekaligus Ketua Umum PBNU, Said Aqil Siroj, menyebut hampir semua universitas di Indonesia terpapar aliran Wahabi yang bisa berujung pada sikap intoleran. Wakil Ketua Komisi X Hetifah Sjaifudian mengatakan hal tersebut bukan masalah baru dan sudah terjadi sejak era menteri pendidikan tinggi sebelumnya.

"Di tingkatnya sih dulu ini kan bukan masalah baru, jadi kita sudah membahas atau mengingatkan menteri yang sebelumnya terkait hal ini, dan sudah ada langkah-langkah juga. Namun mungkin sekarang kita ada pemerintahan baru dengan menteri baru, saya yakin isu ini bisa menjadi salah satu perhatian beliau juga," kata Hetifah saat dihubungi, Rabu (11/12/2019).



Hetifah mengatakan perlu satu diskusi khusus untuk mengatasi masalah universitas di Indonesia terpapar paham Wahabi. Langkah tersebut, menurut Hetifah, agar dapat menyelesaikan masalah hingga ke akarnya.

"Namun kami hari ini sebenarnya rapat ya, cuma saya lagi di Manila nih, sorry, lagi bola kemarin sama penutupan SEA Games. Hari ini memang banyak hal yang mau dibahas, jadi mungkin juga isu ini tidak spesifik dibahas tapi jika memang dirasakan perlu satu diskusi tersendiri sejauh mana sih problemnya, jadi kita harus memecahkan ini secara mendasar problemnya di mana," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2