Said Aqil Bicara Universitas Terpapar Wahabi, ITB Awasi Aktivitas Ancam NKRI

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 11 Des 2019 09:35 WIB
Institut Teknologi Bandung (Foto: ITB)

Said Aqil mengatakan hampir seluruh Universitas sudah terpapar paham wahabi tersebut. Miming mengatakan pihak ITB akan mengambil langkah jika ada aktivitas civitasnya yang terbukit mengancam dasar negara Indonesia.

"ITB telah dan akan mengambil langkah untuk mencegah dan menindak tegas setiap aktivitas civitas akademika yang mengancam Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan keutuhan NKRI," tegas Miming.

Sebelumnya Said Aqil Siradj menyebut rata-rata Universitas di Indonesia terpapar intoleransi yang bisa berubah menjadi radikal. Said mengatakan hampir semua universitas di Indonesia terpapar, minimal menganut ajaran wahabi. Dia menyebut ajaran itu sangat tekstual yang awalnya memiliki paham intoleran dan bisa berubah menjadi ekstrem.

"Tidak banyak universitas, semua, semua universitas terpapar, minimal paling tidak wahabi, berpikir yang sangat eksklusif, puritan, purity. Yang sangat tekstual, itu minimal, meningkat menjadi intoleran, sudah mulai radikal nih, mulai ekstrem nih kalau intoleran. Mulai dari intoleran akan terjadi radikal, dan jadi terorisme," kata Said Aqil di Kantor Wapres, Jalan Veteran III, Jakarta Pusat.



Said mengatakan buku Sayyid Quthb dibaca dan dijadikan standar tarbiyah atau pendidikan kelompok kajian di seluruh perguruan tinggi ini.

"Tidak ada perguruan tinggi Indonesia yang tidak terpapar kitab Ma'alim fi ath-Thariq kecuali universitas NU yang nggak, saya jamin itu. UI, ITB, IPB, Undip, ITS, Riau, Lampung, Makassar. pokoknya di luar kampus ada kajian tarbiyah bahasa arabnya liqo. Nanti si tutornya namanya murobi, panggil satu-satu akhi, ukhti. Itu aja bahasa Arabnya bisa. Kalau saya ajak bahasa Arab betul ya mereka ndak bisa sih. Cuma akhi, ukhti, liqo," kata Said Aqil.
(maa/idn)