Niat Tayamum dan Kisah Hilangnya Kalung Aisyah, Istri Rasulullah

Erwin Dariyanto - detikNews
Rabu, 11 Des 2019 04:04 WIB
Niat tayamum (Foto ilustrasi: iStock)
Niat tayamum (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Di dalam pesawat yang membawanya dari Jakarta ke Oman, Andi mendapat pertanyaan dari teman sebangkunya tentang bacaan niat tayamum. Ketika itu penumpang tersebut hendak menunaikan sholat shubuh di atas pesawat.

Teman Andi sudah tak punya wudhu, sementara dua toilet yang tersedia di bagian belakang antre oleh penumpang. Kepada teman sebangkunya, Andi menyarankan wudhu dengan air yang sudah ditaruh di sebuah botol hair spray. "Tidak ada alasan kuat untuk tayamum, sebab masih ada air. Pakai botol hair spray ini," kata Andi.

Walhasil, teman Andi pun berwudhu menggunakan air dari dalam botol hair spray. Dia tak jadi tayamum.

Syahdan. Tayamum boleh dilakukan oleh umat Islam yang ingin bersuci untuk mengerjakan sholat. Syaratnya tidak ditemukan air di tempat tersebut, sedangkan waktu sholat sudah tiba.

Ada pun niat tayamum adalah:

نَوَيْتُ التَّيَمُّمَ لِاسْتِبَاحَةِ الصَّلَاةِ للهِ تَعَالَى

"Nawaytu tayammuma li istibaakhati sholati lillahi ta'ala"

Artinya: Aku berniat tayamum agar diperbolehkan sholat karena Allah.

Selain membaca niat tayamum di awal, setelah tayamum sejumlah ulama menganjurkan untuk membaca doa bersuci berikut ini.

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ، وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، اَللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِيْنَ، وَاجْعَلْنِي مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ وَاجْعَلْنِي مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ سُبْحَانَكَ اَللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

Artinya: Aku bersaksi tiada tuhan selain Allah semata yang tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku sebagai orang-orang yang bertaubat, jadikanlah aku sebagai orang-orang yang bersuci, dan jadikanlah aku sebagai hamba-hamba-Mu yang saleh. Mahasuci Engkau, ya Allah. Dengan kebaikan-Mu, aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Engkau. Dan dengan kebaikan-Mu, aku memohon ampunan dan bertaubat pada-Mu.

Kalung Aisyah dan Perintah Tayamum



Selanjutnya
Halaman
1 2 3