Anies: Tantangan di Jakarta Bukan soal Mau-Tidak, tapi Politis

Rizal Bahari - detikNews
Selasa, 10 Des 2019 18:53 WIB
Anies Baswedan (Rizal Bahari/detikcom)
Anies Baswedan (Rizal Bahari/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berbicara soal tantangan di DKI Jakarta. Anies menyebut tantangan di DKI Jakarta bukan soal keinginan pemerintah memberikan yang terbaik bagi warganya, namun soal hal politis.

Hal ini disampaikan Anies dalam sambutannya saat menghadiri peringatan Hari HAM di Lapangan Krapu, Jalan Kerapu, Muara Angke, Kelurahan Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (10/12/2019). Anies awalnya berbicara komitmen mengatasi permasalahan di permukiman.


"Kita berharap masalah-masalah pertanahan pun bisa kita bereskan, jadi bukan hanya permukiman tapi pertanahan. Tantangan ini semua termasuk terkait dengan PKL, abang becak, memang tantangan yang kita hadapi lebih banyak politis," kata Anies.

"Kami di Jakarta ini berhadapannya bukan dengan persoalan kita mau atau tidak, tapi kendalanya sering pada unsur politis seperti perda. Usulan perda kita banyak yang belum bergerak dari mulai tahun 2018 awal. Apakah kita akan berhenti? Tidak. Kita akan jalan terus, bahkan komitmen ini dijalankan di lapangan tapi secara regulasi belum ada regulasi," imbuh dia.


Anies menyebut apa yang dijelaskannya tadi adalah kendala yang dihadapi karena konstalasi politik. Dia berharap setelah Pemilu 2019 kondisi lebih baik.

"Ini memang kendala yang kita hadapi karena konstelasi politik, alhamdulillah sekarang mudah-mudahan ke depan akan lebih baik setelah hasil pemilu kemarin kelihatannya tanda-tandanya nih mudah-mudahan akan lebih banyak berpihak ke kita," ucap Anies. (gbr/gbr)